RISER, KAMDESUS (2022) STRATEGI KEPEMIMPINAN DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA DALAM PENGEMBANGAN KEPERIBADIAN SANTRI KECAMATAN BUAY BAHUGA KABUPATEN WAY KANAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dalam suatu organisasi kepemimpinan memegang peranan yang penting, karena pemimpinlah yang akan menggerakkan dan mengarahkan organinsasi dalam mencapai tujuan dan sekaligus merupakan tugas yang tidak mudah. Dengan kata lain, sukses tidaknya usaha pencapaian tujuan organisasi, ditentukan oleh kualitas kepemimpinan, oleh sebab itu Strategi Kepemimpinan di Pondok Pesantren Miftahul Huda dalam Pengembangan Keperibadian Santri Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan sangatlah penting untuk menghasilkan santri yang berkualitas dengan memiliki keperibadian yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan santri di Pondok Pesantren Miftakhul Huda di Desa Bumi Harjo Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (FieldResearch) yang bersifat kualitatif. Sumber data diperoleh dari kordiniasi pimpinan pondok, ustadz,dan lurah pondok. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi,dan dokumentasi. Proses Strategi Kepemimpinan di Pondok Pesantren Miftahul Huda dalam Pengembangan Keperibadian Santri Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan,meliputi dua hal. Pertama, proses kegiatannya menggunakan peraturan�peraturan yang dibuat oleh pihak pondok pesantren dengan sangsi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan kesalahannya, tujuannya untuk membentuk kepribadian santri yang berakhlakul karimah. Kedua,mengakaji berbagai kitab-kitab akhlak, yaitu kitab akhlakul bannin (kitab yang mempelajari bagaimana menjadi laki-laki yang berakhlak baik), kitab akhlakul bannat (kitab yang mempelajari bagaimana menjadi perempuan yang berakhlak baik), kitab fiqih (menjelasakan masalah ibadah dan muamalah), kitab riyadus sholihin, dan kitab tafsir jalalain, di dalam kajian tersebut menerankan masalah kehidupan sehari-hari, untuk perkembangan kepribadian santri. Pondok pesantren juga mengadakan praktik langsung mengenai akhlakul karimah, hal ini dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti dzikir, tadarus al-Qur’an, istighosah, dan lain sebagainya. Selanjutnya, evaluasi pendidikan terdapat empat kali penilaian, yaitu evaluasi hasil kajian saat itu, evaluasi hasil belajarnya dalam satu minggu, dan penilaian setiap bulan, yang biasanya dilaksanakan pada akhir bulan serta evaluasi tahunan yang dilaksankan setiap bulan ramadhan. Selanjutnya, pengembangan kepribadian santri dalam pembentukan akhlak melalui fungsi manajemen, difokuskan pada fungsi pelaksanaan, yaitu motivasi, bimbingan, penugasan, dan kebijakan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 31 May 2022 02:27 |
Last Modified: | 31 May 2022 02:27 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19300 |
Actions (login required)
View Item |