BIMBINGAN KONSELING RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK HOMEWORK ASSIGMENT DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 3 TERBANGGI BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Fauziah, Dede Misybah (2017) BIMBINGAN KONSELING RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK HOMEWORK ASSIGMENT DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 3 TERBANGGI BESAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ercaya diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan. Kurang percaya diri dapat menghambat pengembangan potensi diri. Siswa korban bullying yang memliki rasa percaya rendah akan bersikap malu-malu, canggung,tidak berani mengemukakan ide-idenya, serta ragu ragu dalam membuat keputusan,sulit untuk menerima dirinya secara tulus dan selalu membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-experimental designs. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Bimbingan Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy dengan teknik Homework Assigment dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying. Desain penelitian yaitu pre test and post test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa korban bullying kelas VIII SMP Negeri 3 Terbanggi Besar. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 54 dan untuk sempel dalam penelitan ini 17 siswa yang mendapat masalah kurang percaya diri akibat korban bullying. Teknik yang digunakan adalah random sampling. Berdasarkan hasil analis disimpulkan bahwa terdapat peningkatan rasa percaya diri siswa setelah diberikan layanan Bimbingan Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT). Hasil perhitungan pretest dan posttest menunjukkan perbedaan yang signifikant mengenai rasa percaya diri siswa korban bullying, dilihat dari hasil pretest sebesar 67,11 dan hasil posttest meningkatkan 106,94. Adapun hasil uji hipotesis kepercayaan diri siswa korban bullying ditemukan nilai t sebesar -0,20.188 dengan sig 2-tailed 0,00. Oleh karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan layanan Bimbingan Konseling Rational Emotive Behviour Therapy teknik Homework Assigment,ini menunjukkan bahwa Bimbingan Konseling teknik Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) efektif dalam meningkatkan percaya diri korban bullying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Mar 2017 07:43
Last Modified: 02 Mar 2017 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item