NILAI – NILAI KESETARAAN GENDER DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA/SMK

FITRIA, TIARANI (2022) NILAI – NILAI KESETARAAN GENDER DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA/SMK. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perbedaan adalah suatu rahmat dari Allah swt yang telah menciptakan laki�laki dan perempuan untuk saling berusaha menjadi manusia terbaik dalam memaksimalkan potensinya. Akan tetapi pada proses kehidupan manusia terjadi perubahan-perubahan yang menimbulkan suatu perdebatan antara laki-laki dan perempuan terkait dengan posisi, nilai, serta perannya dalam proses kehidupan yang berlangsung. Perbedaan tersebut dapat dibuktikan dengan masih adanya ketidaksetaraan gender pada laki-laki dan perempuan seperti marginalisasi, subordinasi, stereotype, kekerasan pada perempuan dan beban kerja ganda. Untuk meminimalisir terjadinya ketidaksetaraan gender tersebut, maka perlu adanya pembahasan tentang kesetaraan gender pada bidang pendidikan dengan cara memberikan pemahaman kepada siswa tentang arti kesetaraan gender. Salah satu cara untuk memberikan pemahaman kepada siswa adalah melalui buku teks pelajaran Agama Islam melalui materi-materi, uraian, gambar, serta dalil yang digunakan apakah mengandung nilai kesetaraan gender atau tidak. Sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya kesalahpahaman akibat ketidaksetaraan gender dimasa medatang. Tesis ini mempertanyakan tentang bagaimana nilai-nilai kesetaraan gender, yaitu kesetaraan, keadilan, serta kebebasan pada bagian cover, preliminaries, bagian utama buku, dan Postliminary pada aspek Al-Qur‟an Hadist, Aqidah, Akhlak, Fiqh, dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam buku PAI dan Budi Pekerti kelas XII SMA/SMK. Adapun penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan grounded theory dengan content analysis atau analisis isi. Berdasarkan penelitian, tesis ini menyimpulkan bahwa: nilai-nilai kesetaraan gender terdapat pada bagian cover, preliminaries, serta bagian utama buku, namun tidak terdapat pada Postliminary buku. Nilai-nilai kesetaraan gender tersebut berupa nilai kesetaraan, keadilan, persamaan derajat dan kebebasan yang terdapat setiap aspek materi PAI terutama pada aspek Fiqh yang membahas tentang keadilan bagi laki-laki dan perempuan dalam materi Membina Rumah Tangga dan Mawaris. Beberapa uaraian tentang posisi laki-laki dan perempuan sama dimata Allah swt serta gambar-gambar yang menampilkan potensi dan peran yang sama antara laki-laki dan perempuan. ABSTARCT The difference is a blessing from Allah SWT who has created men and women to try to be the best human beings in maximizing their potential. However, in the process of human life, some changes cause a debate between men and women related to their position, values, and roles in the ongoing life process. This difference can be proven by the existence of gender inequalities between men and women such as marginalization, subordination, stereotypes, violence against women, and double workload. To minimize the occurrence of gender inequality, it is necessary to discuss gender equality in the field of education by providing understanding to students about the meaning of gender equality. One way to provide understanding to students is through Islamic Religion textbooks through materials, descriptions, pictures, and the arguments used whether they contain the value of gender equality or not. So that we can minimize the occurrence of misunderstandings due to gender inequality in the future. This thesis questions how values are related to gender, namely about events, justice, and freedom in the cover of the book, main, preliminary, and Postliminary sections on aspects of the Qur'an Hadith, Aqidah, Fiqh, History of Islamic Culture in the PAI book and Budi Pekerti class XII SMA/SMK. This research is library research with a grounded theory approach with content analysis. Based on the research, this thesis concludes that: the values have substance in gender are found on the cover of a book, a preliminary book, and the body of the book, but not in the Postliminary book. The values of the gendered material in the form of values, justice, equality, and freedom are contained in every aspect of the PAI material, especially in Fiqh which discusses justice for men and women in Fostering the Rose Household. Some descriptions about the position of men and women are equal by Allah SWT as good as pictures that show the potential and the position role between men and women.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2022 07:17
Last Modified: 30 May 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19292

Actions (login required)

View Item View Item