PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA DENGAN ETIKA KERJA ISLAM SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PEGAWAI DINAS KOPERASI DAN UMKM LAMPUNG UTARA

EVITA, VERON (2022) PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA DENGAN ETIKA KERJA ISLAM SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PEGAWAI DINAS KOPERASI DAN UMKM LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of evita veron skripsi_ 1-5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of full skripsi Veron.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan kinerja pegawai dalam pekerjaan pada dasarnya akan dipengaruhi oleh kondisi-kondisi tertentu, yaitu faktor situasional dan faktor individual. Faktor individu meliputi jenis kelamin, kesehatan, pengalaman, dan karakteristik psikologis yang terdiri dari motivasi, kepribadian, dan locus of control. Adapun faktor situasional meliputi kepemimpinan, prestasi kerja, hubungan sosial dan budaya organisasi. Locus of control adalah kendali individu atas pekerjaan dan kepercayaan mereka terhadap keberhasilan diri. Locus of control menjadi penting karena kontrol kinerja seseorang bisa diukur dari kemampuan seseorang dalam menguasai peristiwa yang terjadi pada dirinya. Sedangkan Etika kerja Islam disini sebagai variabel moderating yang dapat memperkuat atau memperlemah kinerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana pengaruh locus of control terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasi dan UMKM dan untuk melihat bagaimana pengaruh locus of control dan etika kerja islam terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasi dan UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh locus of control terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasi dan UMKM dan untuk menjelaskan bagaimana pengaruh locus of control dan etika kerja islam terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasi dan UMKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang pegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan sebanyak 32 data yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kinerja pegawai. Sedangkan untuk variabel independen dalam penelitian ini adalah Locus Of Control dan Etika Islam sebagai variabel moderating. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan model regresi linear berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan Locus Of Control berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasi dan UMKM. Berdasarkan Hipotesis kedua secara parsial etika Islam dan locus of control sama�sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai Dinas Koperasi dan UMKM dengan angka adjusted R square sebesar 0,871 menunjukan bahwa hanya 87,1% variabel Y yang dijelaskan oleh variabel X, sisanya 23,9% dijelaskan oleh faktor lain. Sedangkan secara simultan etika islam sebagai variabel moderating berpengaruh positif terhadap hubungan antara locus of control dengan kinerja pegawai Dinas Koperasi dan UMKM. Angka adjusted R square 0.900 menunjukan bahwa 90% variabel Kinerja pegawai (Y) bisa di jelaskan oleh variabel Locus of control (X1) yang dimoderasi oleh etika kerja islam (X2), sisanya 10% dijelaskan oleh faktor lain. Kata kunci : Locus Of Control, Etika Islam, Kinerja Pegawai, Moderating.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2022 06:54
Last Modified: 30 May 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19291

Actions (login required)

View Item View Item