PELAKSANAAN LAYANAN RESPONSIF DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 3 KATIBUNG

NUR, PRATIWI (2022) PELAKSANAAN LAYANAN RESPONSIF DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 3 KATIBUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kurangnya kedisiplinan belajar pada pembelajaran daring peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kedisiplinan belajar pada pembelajaran daring peserta didik tidak mudah dicapai, karena terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi peserta didik tidak disiplin dalam pembelajaran daring. Faktor tersebut adalah kurangnya minat belajar pada peserta didik terhadap mata pelajaran yang sedang berlangsung, kesiapan akan memulai daring, dan lingkungan. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan pelaksanaan layanan responsif dengan teknik behavioral contract dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada pembelajaran daring peserta didik di SMP Negeri 3 Katibung. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara pelaksanaan layanan responsif dengan teknik behavioral contract dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada pembelajaran daring peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 10 peserta didik kelas VIII dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan layanan responsif dengan teknik behavioral contract dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada pembelajaran daring peserta didik di SMP Negeri 3 Katibung telah dilaksanakan dengan baik dan terdapat perubahan pada peserta didik terlihat dari keaktifan dalam mengikuti kelas online dan catatan buku kasus yang tidak lagi malas dalam belajar. Kata kunci: Behavioral Contract, Kedisiplinan Belajar, Layanan Responsif iii ABSTRACT The background of the problem in this research is about the lack of learning discipline in online learning for students. In an effort to improve learning discipline in online learning, students are not easy to achieve, because there are many factors that can affect undisciplined students in online learning. These factors are the lack of interest in learning in students regarding ongoing subjects, readiness to start online, and the environment. Based on these problems, the researchers conducted research by implementing responsive services with behavioral contract techniques in improving learning discipline in online learning for students at SMP Negeri 3 Katibung. The purpose of this research is to find out how to implement responsive services with behavioral contract techniques in improving student discipline in online learning. The research sample amounted to 10 students of and the method used in this study was to use a qualitative descriptive research design through data collection techniques using triangulation, namely observation, interviews and documentation. The results of this study state that the implementation of responsive services with behavioral contract techniques in improving learning discipline in online learning for students at SMP Negeri 3 Katibung has been carried out well and there are changes in students seen from activeness in participating in online classes and case book notes. no longer lazy in learning. Keywords: Behavioral Contract, Learning Discipline, Responsive Service

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2022 03:59
Last Modified: 30 May 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19284

Actions (login required)

View Item View Item