UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DI TAMAN KANAK-KANAK TK HIP HOP SUKARAME BANDAR LAMPUNG

AMALIA, FITRI ANISA (2022) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KESETARAAN GENDER DI TAMAN KANAK-KANAK TK HIP HOP SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of FULLSKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai kesetaraan gender di Taman Kanak-Kanak Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini berawal dari permasalahan hasil dari observasi dan pengamatan Pra-Peneliitian, peneliti menemukan peserta didik disana belum responsive terhadap gender yang berbeda denganya, hal ini dilihat dari adanya kelompok laki-laki dan perempuan yang tidak ingin bermain bersama walaupun mereka bermain secara berdampingan. Pada saat itu terdapat 2 kelompok anak yang satu kelompok berisi laki-laki dengan laki-laki yang saat itu sedang bermain lego dan satunya lagi perempuan dengan perempuan yang sedang bermain masak-masakan, karena permainan yang dilakukan oleh keduanya berbeda namun anak-anak itu tidak ingin bermain bersama walaupun mereka main di ruangan yang sama dan jarak yang berdekatan maka peneliti menanyakan kepada salah satu anak hasilnya anak itu mengatakan bahwa aktivitas bermain yang mereka lakukan hanya boleh dimainkan sesuai dengan idenitas gender mereka saja. Selanjutnya peserta didik di TK Hip Hop masih menunjukkan adanya perlabelan dalam bentuk kata-kata, dilihat dari seringnya peserta didik disana melontarkan kalimat ejekan atau olokan kepada identitas gender yang berbeda darinya. Sehingga penulis berasumsi bahwa upaya guru dalam membangun kesetaraan gender masih belum baik atau ada factor lain yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan wali kelas dan anak usia 5-6 tahun di kelas B1 sejumlah 17 anak yang meliputi 9 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian guru sudah berupaya menanamkan nilai-nilai kesetaraan gender dalam kurikulum yang responsive gender, rancangan dan pembelajaran yang di sesuaikan dengan menanamkan nilai-nilai kesetaraan gender, pandangan guru juga yang responsive gender, sarana dan prasanan yang ada di TK Hip Hop tidak menunjukkan adanya deskriminasi gender, proses perancaanaan dan pelaksanaan yang adil gender bagi peserta didik laki-laki maupun perempuan, penilaian dan metode yang setara bagi peserta didik laki�laki dan perempuan. Peserta didik di TK Hip Hop juga hampir 100% baik laki-laki atau perempuan sudah mengetahui identitas gender mereka dan identitas gender orang lain, sudah mau berbagi makanan, iii alat tulis seperti: pensil, penghapus, krayon dan barang-barang lainnya dengan teman-teman sebayanya yang memiliki identitas gender berbeda darinya. 80% peserta didik laki-laki maupun perempuan juga mau duduk bersama saat pembelajaran dan beberapa peserta didik laki-laki maupun perempuan sudah mau main bersama pada saat permainan outdoor. Namun 70% peserta didik di TK Hip Hop masih sering melontarkan sebuah kalimat ejekan atau olokan kepada masing�masing identitas gender yang berbeda darinya. Peserta didik di TK Hip Hop juga mencirikan mainan-mainan yang bersifat kekuatan atau ketangkasan itu dikhususkan untuk laki-laki dan mainan yang bersifat manis atau lembut untuk perempuan dan begitupun dengan gambar dari permainan serta warna yang akan peserta didik gunakan untuk baju atau barang-barang yang mereka sukai, hal ini selaras dengan orang tua yang memberikan mainan atau warna tersebut kepada anak�anak mereka. Orang tua atau wali murid TK Hip Hop kebanyakan yang menganggap bahwa menanamkan nilai-nilai kesetaraan gender itu tidak penting ditanamkan pada usia dini, hal ini belum dilakukan oleh guru atau pengelolah TK Hip Hop dalam kegiatan parenting untuk membuat sosialisasi bagi orang tua atau wali murid tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai kesetaraan gender pada usia dini ini, dikarenakan kurangnya anggaran dan membutuhkan penyesuaian waktu yang tepat untuk melaksanakan sosialisasi tersebut. Kata Kunci: Upaya Guru, Menanamkan Nilai-Nilai, Dan Kesetaraan Gender

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2022 03:07
Last Modified: 30 May 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19273

Actions (login required)

View Item View Item