ANALISIS PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di ISSI Periode 2014-2019)

Tri, Lukito (2022) ANALISIS PENGARUH LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di ISSI Periode 2014-2019). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Tri Lukito.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ekonomi global secara umum merujuk pada bidang ekonomi yang didasarkan pada ekonomi nasional semua negara di dunia. Keadaan perekonomian global saat ini secara tidak langsung berimbas pada kondisi perekonomian di Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu Untuk mengetahui apakah leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di ISSI periode 2014-2019, yang diuji secara parsial, simultan, dan secara perspektif ekonomi Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan penelitian secara kuantitatif. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan studi yang bersifat asosiatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil uji satistik secara parsial menunjukan bahwa terjadi hubungan yang segnifikan positif antara variabel Leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan yang ditandai dengan perolehan nilai koefisien segnifikansi probabilitas masing-masing sebesar 0,0091 dan 0,0971. Nilai probabilitas tersebut menunjukan bahwa nilai tersebut lebih kecil dari batas dari aturan nilai segnifikansi yang telah ditetapkan yaitu sebesar 0,05. Penelitian ini juga diuji dengan menggunakan uji simultan (f) untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan secara simultan terhadap nilai perusahaan. Hasil uji simultan merupakan uji yang menunjukkan bahwa nilai suatu perusahaan dapat dikatakan baik apabila faktor-faktor pendukung yang digunakan sebagai variabel tersebut memiliki segnifikansi yang sesuai dengan aturan nilai standar pada hasil uji. Etika bisnis secara Islam dapat disebut dengan aqidah Islamiyah, menerangkan bahwa Islam adalah agama sekaligus ideologi sempurna mengatur segala aspek kehidupan tanpa kecuali, termasuk aspek ekonomi. Profitabilitas dan nilai perusahaan yang tinggi dalam perspektif Islam bersifat intangible, tidak terlihat tetapi dapat dirasakan, memiliki dampak yang besar, serta berorientasikan akhirat kelak. Kata kunci: Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Etika Bisnis Islam ABSTRACT Global economy generally refers to the field of economy that is based on the national economies of all countries in the world. The current state of the global economy has an indirect impact on economic conditions in Indonesia. The purpose of this study is to find out whether leverage and firm size affect the value of companies listed on ISSI for the 2014-2019 period, which were tested partially, simultaneously, and from an Islamic economic perspective. The method used in this study the author uses a quantitative research approach. This study was analyzed using an associative study, namely research that aims to determine the effect or relationship between two or more variables. Based on the results of the research that has been done, the results of the partial statistical test show that there is a significant positive relationship between the Leverage variable and firm size on firm value, which is indicated by the acquisition of a probability significance coefficient of 0.0091 and 0.0971 respectively. The probability value indicates that the value is smaller than the limit of the predetermined significance value rule of 0.05. This study was also tested using the simultaneous test (f) to determine the effect of leverage and firm size simultaneously on firm value. Simultaneous test results are tests that show that the value of a company can be said to be good if the supporting factors used as variables have significance in accordance with the value rules in the test results. Ethics in Islamic business can be called aqidah Islamiyah, it is explained that Islam is everything ideology regulates all aspects of life without exception, including the economic aspect. Profitability and high company value in the Islamic perspective are intangible, invisible but can be felt, have a large impact, and are oriented towards the hereafter. Keywords: Leverage, Company Size, Company Value, Islamic Business Ethics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2022 06:09
Last Modified: 27 May 2022 06:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19265

Actions (login required)

View Item View Item