SITI, FATIMAH (2022) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK DI TK TUNAS MEKAR MADANI WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berawal dari permasalahan hasil observasi dan pengamatan pra-penelitian, peneliti menemukan peserta didik disana pada kemampuan kognitif anak khususnya di bidang kemampuan sians belum sepenuhnya berkembang dengan baik. Kemudian ketika anak di ajak melakukan suatu permainan sains atau sebuah percobaan sederhana, anak tampak kesulitan ketika diminta menceritakan hasil percobaan jika sebuah balon ditiup lalu dilepaskan. Pembelajaran sains juga lebih banyak di dominasi oleh guru dengan memberikan contoh percobaan tanpa melibatkan anak dalam kegiatan, hal ini membuat anak sulit bereksplorasi dengan media yang ada di sekeliling anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen dalam mengembangkan kemampuan sains anak di TK Tunas Mekar Madani Way Kanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru dan 19 orang anak, alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Mekar Madani Way Kanan pada tanggal 1 Februari 2021 - 1 Maret 2021. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan kreabilitas. Uji kreabilitas data atau kepercayaan terhadap hasil penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian yang telah penulis lakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa metode eksperimen sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan langkah�langkah. Pertama guru menyiapkan ruangan dan perlengkapan metode eksperimen, Guru melakukan apersepsi dan memotivasi anak dengan mengadakan tanya jawab tentang materi pelajaran yang berkaitan dengan kompetensi dasar yang akan dibahas, Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, Guru menyampaikan aturan permainan dan penjelasan mengenai materi, Pembentukan anak dalam bentuk kelompok, Guru memberi contoh terlebih dahulu, Anak memperhatikan dan kemudian mencoba sendiri untuk melakukan, Guru mengamati sambil memberi penilaian dan Guru mengevaluasi dengan mengajukan tanya jawab kepada anak. Karena dengan metode eksperimen anak dapat meningkatkan kemampuan sains anak secara optimal, efektif dan efisien, anak dapat mengetahui bagaimana cara mencampurkan warna, bagaimana hasil warna yang sudah dicampurkan, apa penyebab-penyebab gejala alam yang terjadi, sehingga anak dapat bermain sambil belajar bukan hanya saja terpaku iii dengan buku majalah saja yang tersedia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa TK Tunas Mekar Madani Way Kanan dalam tahap Berkembang. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Kemampuan Sains, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 May 2022 03:27 |
Last Modified: | 27 May 2022 03:27 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19255 |
Actions (login required)
View Item |