STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI PAUD TUNAS CERIA JATIBARU TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

DEVINA, MEGA OKTA KATARINA (2022) STRATEGI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI PAUD TUNAS CERIA JATIBARU TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Melihat kasus pandemi akibat virus corona (Covid-19). Pemerintah telah mengalihkan kegiatan pembelajaran dari sekolah ke rumah masing- masing siswa sebagai bagian dari upaya menghentikan penyebaran virus corona (Covid-19). Pembelajaran daring bertujuan memberikan layanan pembelajaran bermutu dalam jaringan (daring) yang bersifat masif dan terbuka untuk menjangkau peminat yang lebih banyak dan lebih luas. Akibatnya seluruh kegiatan belajar siswa dilaksanakan dirumah dengan bimbingan dari orang tua. Oleh sebab itu, strategi orang tua sangat berperan penting dalam proses pembelajaran siswa selama dalam sistem pembelajaran dari rumah sekarang ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi orang tua dalam mendampingi anak belajar dari rumah di Paud Tunas Ceria Jatibaru Tanjung Bintang Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melibatkan 10 orang wali murid, data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian akan dikumpulkan dan dianalisis lalu disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti di TK Tunas Ceria Jatibaru Tanjung Bintang Lampung. Dapat diambil kesimpulan bahwa strategi orang tua dalam mendampingi anak pada masa pandemi Covid-19 yaitu orang tua menggunakan metode diskusi dan tanya jawab saat melakukan pendampingan belajar, anak harus fokus, tidak boleh menonton tv, tidak boleh pegang handphone dan anak, Strategi yang selanjutnya yaitu orang tua mendampingi anak sampai selesai pembelajaran. Orangtua tidak memaksakan anak ketika tidak mau belajar karena nanti anak mau dengan sendirnya namun tetap upaya orang tua membuat anaknya mau belajar dengan memberikan cemilan atau menjanjikan membawa anak jalan-jalan ketempat yang anak inginkan sehingga anak mau belajar. Strategi yang digunakan selanjutnya yaitu orangtua mengikuti kemauan anak dan tidak memaksakan anak. Kalau tidak mau belajar biarkan saja dulu, dan tidak memaksa anak. Kata Kunci : Strategi, mendampingi belajar, BDR iii ABSTRACT Looking at the cases of the pandemic due to the corona virus (Covid-19). The government has shifted learning activities from schools to the homes of each student as part of efforts to stop the spread of the corona virus (Covid-19). Online learning aims to provide quality learning services in a massive and open network (online) to reach a wider and larger number of enthusiasts. As a result, all student learning activities are carried out at home with guidance from parents. Therefore, the parent's strategy plays an important role in the student's learning process during the current home learning system. The formulation of the problem in this study is how the strategy of parents in assisting children to learn from home at Early Childhood Education Tunas Ceria Jatibaru Tanjung Bintang, South Lampung. This study uses descriptive qualitative research methods involving 10 parents of students, data obtained through interviews, observations and documentation will then be collected and analyzed and concluded. Based on the results of research that has been carried out by researchers at TK Tunas Ceria Jatibaru Tanjung Bintang, Lampung. It can be concluded that the strategy of parents in assisting children during the Covid-19 pandemic is that parents use the discussion and question and answer method when conducting learning assistance, children must focus, cannot watch TV, cannot hold cellphones and children, the next strategy is Parents accompany their children until they finish learning. Parents do not force children when they don't want to learn because the children will want to be on their own, but the parents' efforts are still to make their children want to learn by giving snacks or promising to take children for walks where they want so that children want to learn. The next strategy used is that parents follow the child's wishes and do not force the child. If you don't want to learn, just let it go, and don't force the child. Keywords: Strategy, accompanying learnin, BDR

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2022 03:14
Last Modified: 27 May 2022 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19254

Actions (login required)

View Item View Item