PERAN DIGITAL MARKETING BAGI PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (studi pada UMKM Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)

ROSMA, DEWI (2022) PERAN DIGITAL MARKETING BAGI PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (studi pada UMKM Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK penelitian ini dilatarbelakangi dengan arus globalisasi yang cepat membuat perkembangan tekonologi kearah serba digital saat ini semakin pesat. Pada era digital seperti ini, manusia secara umum memiliki gaya hidup baru yang tidak bisa dilepaskan dari perangkat yang serba elektronik. Penggunaan teknologi digital telah memengaruhi semua aspek kegiatan manusia, termasuk pemasaran. Pemasaran berbasis digital digunakan untuk memperoleh konsumen, membangun preferensi mereka, promosi merek, memelihara konsumen, serta meningkatkan penjualan yang pada akhirnya meningkatkan profit. Digital marketing memungkinkan pembeli memperoleh seluruh informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet, dan memungkinkan penjual untuk memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon pembeli tanpa batasan waktu dan geografis. Digital marketing juga merupakan cara komunikasi dua arah yang dapat menimbulkan awareness dan engagement masyarakat terhadap produk dan merek tertentu. Platform yang sering digunakan untuk digitalmarketing Penelitian ini dilakukan pada Usaha berskala mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan dengan metode penitian deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan yang digunakan seperti wawancara observasi dan dokumentasi. sumber data yang digunakan ada 2 sumber yaitu data primer yaitu data yang diperoleh dari pelaku atau pemilik UMKM dan data sekunder berupa data penunjang lainnya seperti dokumentasi, dan data-data dari pemilik UMKM. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusiondrawing/verivication). Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing sangat berperan penting bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khususnya bagi pelaku umkm yang ada di kecamatan Natar Lampung Selatan dalam memasarkan produk, menarik palanggan/konsumen, serta dalam meningkatkan omzet penjualan. Berdasarkan pemanfaatannya dalam menggunakan digital marketing baik sosial media, marketplace, dan social marketing mayoritas informan telah menggunakannya secara baik. tetapi terdapat minoritas yang masih tidak memanfaatkannya dikarenakan lebih berfokus kepada sistem offline atau kurang konsisten terhadap sistem online dan dari segi pengelolaan akunnya kurang optimal. Berdasarkan tinjauan .dalam perspektif bisnis Islam mengenai jual beli online melaluipenggunaan digital marketing mayoritas informan telah mengetahui dan telah menerapkan sikap jujur dan amanan sehingga konsumen menaruh rasa percaya kepada penjual, serta telah sesuai dengan rukun dan syarat sah jual beli online Kata kunci:Digital Marketing, UMKM, Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 May 2022 02:33
Last Modified: 27 May 2022 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19253

Actions (login required)

View Item View Item