IMPLEMTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MTsN 1 BANDAR LAMPUNG

MIA, PURNAMA SARI (2022) IMPLEMTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI MTsN 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIA PURNAMA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah akan sangat bergantung pada kegiatan manajemennya, dalam manajemen peserta didik di MTsN 1 Bandar Lampung sudah terlaksana, namun memang ada beberapa yang masih mengalami permasalahan yaitu pada Rekrutmen peserta didik masih ada orang tua wali murid yang telat mendaftarkan anaknya sehingga pihak sekolahan menyarankan orang tua untuk mendaftarkan anaknya di sekolahan lain, pada pembinaan dan pengembangan peserta didik terlebih saat pandemi seperti ini pembelajaran menjadi kurang efektif. Manajemen peserta didik adalah proses usaha yang direncanakan secara sengaja guna memusatkan layanan perhatian pengaturan terhadap seluruh peserta didik dari awal masuk hingga lulus dari suatu jenjang pendidikan (sekolah). Dalam pelaksanaanya manajemen peserta didik terdapat 8 indikator pelaksanaan kegiatan manajemen peserta didik diantaranya analisis kebutuhan peserta didik, rekrutmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik. Pada Penelitian ini penulis memfokuskan 6 indikator pelaksanaan manajemen peserta didik yaitu, analisis kebutuhan peserta didik, rekrutmen peserta didik, seleksi peserta didik, pembinaan dan pengembangan peserta didik, pencatatan dan pelaporan peserta didik, kelulusan dan alumni. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif adapun subjek penelitian adalah Kepada Madrasah, TU, dan Guru. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian manajemen peserta didik di MTsN 1 Bandar Lampung yaitu 1). Analisis Perencanaan Peserta Didik di MTsN 1 Bandar Lampung, dilakukan dengan, pengadakan rapat pertemuan antara kepala sekolah dengan waka kesiswaan selanjutnya rapat dengan seluruh dewan guru dengan membahas penentuan jumlah kouta pada saat PPDB, pendataan, penetuan jalur pelaksanaan PPDB menentukan syarat calon peserta didik, penentuan dan pembuatan panitia PPDB. 2). Rekruitmen Peserta Didik dilakukan dengan mengikuti aturan dan ketentuan kemenag kota Bandar Lampung. Rekruitmen peserta didik dilakukan dengan pembuatan brouser di web MTsN 1 Bandar Lampung dan pembuatan Banner di Sekolahan untuk informasi PPDB, pendaftaran, verifikasi berkas, pengumuman hasil PPDB, daftar ulang seleksi pengumuman penerimaan peserta didik baru. 3). Seleksi Peserta Didik dilakukan dengan ketentuan yang telah diatur oleh kemenag Bandar Lampung, seleksi peserta didik dilakukan dengan yang paling utama nilai MTK, PAI dan Bahasa Indonesia harus angka 8, tes wawancara lisan dan melengkapi syarat yang telah di tentukan oleh Madrasah. 4). Pembinaan dan Pengembangan Peserta Didik dilaksanakan dengan kegiatan kulikuler dan kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan kulikuler dilakukan secara online melalui Group WA, kegiatan ekstrakulikuler selama pandemi ditiadakan namun memang ada beberapa kegiatan dilaksanakan siswa/siswi diluar sekolah. 5). Pencatatan dan Pelaporan Peserta Didik dilakukan dengan adanya pencatatan data siswa secara lengkap di buku induk peserta didik, buku hadir peserta didik di buku mutasi peserta didik, di daftar nilai siswa, pencatatan di laport, serta adanya penguplodtan data siswa di EMIS. 6). Kelulusan dan Alumni dilaksanakan dengan mengikuti ujian madrasah, nilai tidak ada yang kosong dari kelas 7-9, nilai tidak kurang dari 8, tidak memiliki masalah di madrasah dan alumni terjalin di Group WA perangkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manajemen peserta didik sangat penting bagi lembaga pendidikan. Manajemen peserta didik yang baik akan melahirkan lulusan atau output yang baik, output yang baik akan berdampak baik juga bagi lembaga pendidikan. Sedangkan lembaga pendidikan yang baik akan menarik minat para orang tua untuk mempercayai anak nya menempuh pendidikan di lembaga pendidikan itu. Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2022 08:01
Last Modified: 25 May 2022 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19250

Actions (login required)

View Item View Item