IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI IPS DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN

Muhammad, Akyas Adiba Bam (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI IPS DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1, 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (603kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAMS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IPS Di MAN 1 Lampung Selatan” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran hasil belajar, perencanaan dan implementasi, dan hasil implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI IPS Di MAN 1 Lampung Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian filed research dan menggunakan desain penelitian deksriptif naratif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI IPS Di MAN 1 Lampung Selatan, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen dari responden. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskrisipkan implementasi bimbingan kelompok dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa: 1) gambaran hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahsa Inggris kelas XI IPS MAN 1 Lampung Selatan yakni dari 35 peserta didik terdapat 20 peserta didik yang hasil belajarnya rendah, tetapi hanya 10 peserta didik saja yang diteliti, agar implementasi bimbingan belajar dengan metode bimbingan kelompok dapat berjalan dengan efektif. 2) perencanaan implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI IPS Di MAN 1 Lampung Selatan yakni langkah pertama yaitu melihat buku nilai, melihat data peserta didik, dan melihat hasil DCM peserta didik. Pelaksanaan konseling implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI IPS Di MAN 1 Lampung Selatan. Pada tahap pelaksanaan bimbingan kelompok, guru bimbingan kelompok menggunakan tahap pembentukkan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran., 2) hasil pelaksanaan implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas XI IPS Di MAN 1 Lampung Selatan yaitu layanan yang diberikan guru bimbingan dan konseling yakni layanan bimbingan belajar dengan metode bimbingan kelompok mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan perilaku belajar pada peserta didik, meningkatnya nilai peserta didik dan ada kemajuan pada kegiatan pembelajaran peserta didik. Hal ini dapat dilihat melalui nilai akhir semester peserta didik kelas XI IPS serta observasi peneliti dan guru bimbingan dan konseling mengenai pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran peserta didik secara langsung. Kata Kunci: Implementasi Layanan BK, Hasil Belajar. iv ABSTRACT The author takes the title "Implementation of Group Guidance Services in Improving Student Learning Outcomes in English Subject Class XI Social Sciences at MAN 1 South Lampung " This study aims to find out how the description of learning outcomes, planning and implementation, and the results of implementing guidance and counseling services in improve student learning outcomes in English class XI IPS at MAN 1 South Lampung. This research is a qualitative research with the type of research filed research and using a descriptive descriptive research design. This research uses interview, observation and documentation data collection techniques. Primary data were obtained directly from respondents regarding the implementation of group guidance services in improving student learning outcomes in English class XI IPS at MAN 1 South Lampung, while secondary data in the form of documents from respondents. All of these data are materials to describe the implementation of group guidance in improving student learning outcomes. Based on the results of the research that has been carried out that: 1) the description of student learning outcomes in English class XI IPS MAN 1 South Lampung, namely from 35 students there are 20 students whose learning outcomes are low, but only 10 students are studied, so that the implementation of tutoring with group guidance methods can run effectively. 2) planning the implementation of group guidance services in improving student learning outcomes in English class XI IPS subjects at MAN 1 South Lampung, namely the first step, namely looking at grade books, looking at student data, and seeing student DCM results. Implementation of counseling for the implementation of guidance and counseling services in improving student learning outcomes in English subjects for class XI IPS at MAN 1 South Lampung. At the stage of implementing group guidance, group guidance teachers use the formation stage, transition stage, activity stage, and termination stage., 2) the results of implementing group guidance services in improving student learning outcomes in English class XI IPS subjects at MAN 1 South Lampung, namely the services provided by guidance and counseling teachers, namely tutoring services with group guidance methods able to improve student learning outcomes. This is indicated by changes in learning behaviour in students, increasing student scores and progress in student learning activities. This can be seen through the final semester grades of students in class XI IPS as well as observations of researchers and guidance and counseling teachers regarding direct observations of student learning activities. Keywords: Implementation of BK Services, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2022 07:18
Last Modified: 25 May 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19245

Actions (login required)

View Item View Item