PERBANDINGAN KINERJA REKSADANASAHAM KONVENSIONAL DENGAN REKSADANA SAHAM SYARIAH (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di OJK Periode 2014-2018)

DEZA, ARNAMITHA (2022) PERBANDINGAN KINERJA REKSADANASAHAM KONVENSIONAL DENGAN REKSADANA SAHAM SYARIAH (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar di OJK Periode 2014-2018). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEZA Arnamitha 4.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar modal secara umum dapat diidentikkan dengan sebuah tempat dimana Modal diperdagangkan antara pihak yang memiliki kelebihan modal (investor) dengan orang yang membutuhkan modal untuk mengembangkan nvestasi. Keberadaan reksadana konvensional dan reksadana syariah menuntut investor untuk melakukan pemilihan investasi berdasarkan preferensi masyarakat tentang prinsip dari kedua jenis reksada tersebut. Reksadana saham konvensional maupun reksadana saham syariah dapat menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi, dengan risiko yang tinggi pula. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kinerja reksadana saham syariah dengan kinerja reksadana saham konvensional di hitung dengan menggunakan metode Sharpe, Traynor dan Jensen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara kinerja reksadana syariah dengan reksadana konvensional berdasarakan risk and retun pada perusahaan yang terdaftar di OJK periode 2014- 2018. Dalam pengukuran kineja, penelitian ini menggunakan metode Sharpe, Treynor, Jensen, dan uji beda rata-rata dengan menggunakan Uji Independent (T- Test), dengan program SPSS 22.00 for windows. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Objek dari penelitian ini yaitu perusahaan reksadana syariah dan konvensional yang terdaftar di OJK periode 2014-2018 Populasi penelitian adalah reksadana saham syariah dan saham konvensional yang dinyatakan aktifdiperdagangkan oleh BAPEPAM sampai tahun 2018. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 5 reksadana saham syariah dan 5 reksadana saham konvensional. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kenerja reksadana syariah dibandingkan kinerja reksadana konvensioanal tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan menggunkan metode Sharpe, Treynor, Jensen dan diukur dengan menggunakan Uji Independent (T-Test), dengan program SPSS 22.00 for windows. Kata kunci : Reksadana Saham Syariah, Reksadana Saham Konvensional,Perbandingan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 May 2022 03:34
Last Modified: 25 May 2022 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19234

Actions (login required)

View Item View Item