PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN DAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN (Studi Pada Masyarakat di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

LILIS, INDRIYANI (2022) PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN DAN PERILAKU SOSIAL KEAGAMAAN (Studi Pada Masyarakat di Desa Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LILIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat di negara berkembang khususnya Indonesia memiliki penduduk mayoritas beragama muslim sehingga lebih memfokuskan pada prilaku keberagamaannya. Manusia dan agama memiliki dua keterikatan dimana agama mengatur manusia untuk melakukan mana yang harus dan yang tidak boleh dilakukan. Hal ini dilakukan agar manusia dapat hidup selaras dan seimbang sehingga akan menciptakan kedamaian dalam kehidupan. Masyarakat bersifat dinamis, dimana perubahan dalam suatu masyarakat merupakan suatu yang lazim dan pasti akan terjadi, karena ada pepatah “Tidak ada yang abadi di dunia ini, yang abadi adalah perubahan itu sendiri” sehingga segala sesuatu seiring dengan bergulirnya waktu, pasti akan mengalami perubahan. Perubahan dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu perubahan untuk menuju kemajuan yang arahnya ke masyarakat modern, dan perubahan yang menuju kemunduran atau kembali ke masyarakat tradisional dan primitif Perubahan merupakan suatu variasi cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya penemuan baru dalam masyarakat. Penulis tertarik untuk mengkaji dan meneliti bagaimana bentuk perubahan mata pencaharian dan implikasi perilaku sosial dan keagamaan pada masyarakat di Desa Jatimulyo Kecamatan jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari pemilihan informan dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori siklus perubahan sosial, yaitu landasan yang menjadi teori perubahan mata pencaharian dan perilaku sosial keagamaan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa perubahan mata pencaharian yang dialami berdampak sangat baik bagi masyarakat desa Jatimulyo baik dari segi perekonomian, perilaku sosial dan perilaku keagamaan. Dikarenakan yang biasanya sumber pendapatan utama mereka hanya pada sektor pertanian atau buruh serabutan, kini masyarakat desa Jatimulyo memiliki bentuk mata pencaharian yang lebih bervariasi seperti: pedagang, wirausaha, peternak, pengrajin, penjahit lewat dana ganti untung yang diberikan pemerintah. Begitupula dengan implikasi perilaku sosial keagamaan, masyarakt yang dahunya bermata pencaharian sebagai petani cenderung memiliki waktu yang sangat sedikit untuk menikuti berbagai kegiatan di dalam masyarakat. Akibat berubahnya mata pencaharian akibat pembebasan lahan kini masyarakat Desa Jatimulyo lebih memiliki waktu luang dan fleksibel dan mulai aktif dalam mengikuti kegiatan Sosial dan keagamaan dalam masyarakat seperti, arisan, gotong royong, posyandu, sedekhan jumat, majlis taklim, sholat berjamaah, yasinan, dan TPA. Kata Kunci: Mata Pencaharian, Perilaku Sosial, Perilaku Keagamaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 08:10
Last Modified: 24 May 2022 08:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19223

Actions (login required)

View Item View Item