“FUNGSI MAJELIS TAKLIM AS SAKINAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI DI KELURAHAN GEDUNG PAKUON KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG”

CINDY, NAZUANISA (2022) “FUNGSI MAJELIS TAKLIM AS SAKINAH DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI DI KELURAHAN GEDUNG PAKUON KECAMATAN TELUK BETUNG SELATAN KOTA BANDAR LAMPUNG”. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Cindy Nazuanisa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

`ABSTRAK Majelis taklim sebagai lembaga dakwah berkembang pesat terutama sejak peralihan kekuasaan dari orde lama ke orde baru sampai sekarang ini. Majelis taklim merupakan satuan pendidikan nonformal yang berbasis masyarakat dan berperan mewujudkan pendidikan khususnya pendidikan agama Islam, sehingga melalui program majelis taklim, diharapkan dapat membentuk pemberdayaan masyarakat yang secara individu maupun kelompok. Namun, seringkali dijumpai majelis taklim dengan kegiatannya yang terbatas pada belajar mengajar menulis dan membaca Al-Qur’an. Padahal peranan majelis taklim ini beragam dan berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan Kegiatan ini dilakukan untuk membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan adanya kegiatan terhadap memproduksi telur asin tersbut, anggota masyarakat atau ibu ibu rumah tangga dapat terbantu dengan adanya kegiatan seperti ini dan juga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan keterampilan masyarakat dalam pembuatan telur asin ini. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Fungsi Majelis Takhlim As-Sakinah Dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan Partisipan, menggunakan teknik Purposive sampling. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis, bahwa Fungsi Majelis Takhlim As-Sakinah dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memberikan kegiatan dalam memproduksi telur asin, maka dengan itu, ada beberapa tahap kegiatan yaitu penyuluhan, Perlu adanya penyuluhan dalam mengembangkan kapasitas masyarakat di Kelurahan Gedung Pakuon kota Bandar Lampung. Karena kegiatan penyuluhan ini mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat, Pelatihan Kewirausahaan, Kegiatan Pelatihan ini terkait pada cara memproduksi Telur Yang diasinkan dan cara memasarkan produk yang diproduksi nya, dalam hal ini dengan kegiatan pelatihan ini yang ikut terlibat atau berkontribusi. Pendampingan, Pendampingan ini dilakukan oleh Penyuluh Majelis Takhlim As-Sakinah yaitu Ibu Rima Syahfitri, dapat memberikan pendampingan barupa memantau kegiatan yang dilakukan oleh Ibu Rima Syahfitri terkait pada Produksi Telur Asin. Pembangunan dan Pengembangan Jejaring Produksi dan Pemasaran, Perlu adanya jejaring pemasaran yang dilakukan oleh Penyuluh Majelis Takhlim As-Sakinah, maka dengan itu anggota majelis takhlim As-Sakinah dapat mempermudah akses informasi terkait pada pemasaran telur asin dan produksi telur asin. Kata Kunci: Majelis Takhlim As Sakinah, Pemberdayaan Ekonomi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 07:40
Last Modified: 24 May 2022 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19219

Actions (login required)

View Item View Item