ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pasar Tradisional Adirejo Lampung Timur)

Hevy, Nafa Sabrina (2022) ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pasar Tradisional Adirejo Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI HEVY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah menyebabkan perekonomian Indonesia menjadi terpuruk, perkembangan usaha semakin sulit dan aktivitas pasar terancam. Banyak pedagang pasar yang mengeluh karena penurunan pendapatan hasil dagangan yang cukup besar yang berdampak juga pada penurunan pendapatan pengelola pasar, salah satunya adalah pedagang pasar tradisional Adirejo Lampung Timur yang juga terdampak pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelola pasar dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemi Covid-19 pada pasar tradisional Adirejo Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung lokasi penelitian, wawancara dengan informan penelitian, dokumentasi aktivitas penelitian, serta melalui sumber literature berupa buku, jurnal, dan beberapa artikel di internet. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Georgo R. Terry dengan dimensi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurang maksimalnya pengawasan pengelola pasar terhadap penjual serta pembeli yang tidak melakukan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) saat berada di dalam pasar dan juga kurang tegasnya para petugas dalam pemungutan retribusi atau uang iuran pasar oleh para pedagang. Pengelolaan pasar yang dilakukan oleh pihak pengelola pasar tradisional Adirejo Lampung Timur sudah sejalan dengan prinsip pengelolaan dalam Islam, tetapi tidak secara formal menerapkan hukum ekonomi Islam. Manajemen pengelola pasar tradisional Adirejo Lampung Timur sudah sangat baik dari segi perencanaan pendapatan, kebershian lingkurang, keseragaman kios, keamanan sampai penerapan protokol kesehatan agar para pengunjung merasa aman dan nyaman. Tetapi dalam pelaksanaannya belum dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci: Manajemen, Pengelolaan Pasar, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 07:26
Last Modified: 24 May 2022 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19215

Actions (login required)

View Item View Item