PEMBIAYAAN MURABAHAH BERBASIS TEKNOLOGIINFORMASI BERDASARKAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bandar Lampung)

DEWI, AGUSTINA ZUHAIRIAH (2022) PEMBIAYAAN MURABAHAH BERBASIS TEKNOLOGIINFORMASI BERDASARKAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bandar Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRISI DEWI AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam keuangan Islam, bunga uang secara fiqih dikategorikan sebagai riba yang berarti haram. Perkembangan perbankan syariah cukup pesat menyebar dengan memberikan jasa-jasa perbankan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) merupakan satu-satunya BPR yang beroperasi dengan prinsip syariah di kota Bandar Lampung. Pembiayaan berbasis teknologi pada sistem peer to peer (P2P) lending yang ketentuannya mengacu pada Fatwa DSN tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Berdasarkan Prinsip Syariah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembiayaan Akad Murabahah berbasis teknologi informasi berdasarkan hukum ekonomi syariah di PT. BPRS Bandar Lampung? Apakah pembiayaan murabahah berbasis teknologi informasi di BPRS Bandar Lampung sudah sesuai dengan hukum ekonomi syariah?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi layanan pembiayaan Akad Murabahah berbasis teknologi informasi berdasarkan prinsip syariah di PT. BPRS Bandar Lampung. Kemudian dalam pelaksanaan pembiayaan bertujuan untuk mengetahui pembiayaan murabahah berbasis teknologi informasi di BPRS Bandar Lampung sudah sesuai dengan hukum ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan normatif-empiris dilakukan berdasarkan studi pustaka dengan melihat peraturan tertulis dengan cara mengidentifikasi sesuai teori, konsep, serta prinsip-prinsip syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Prinsip syariah harus terpenuhi pada produk layanan pembiayaan berbasis tekonologi informasi berdasarkan prinsip syariah. Prinsip syariah sudah terpenuhi pada produk layanan pembiayaan akad Murabahah berbasis tekonologi informasi berdasarkan hukum ekonomi syariah. Kesesuaian terhadap pembiayaan murabahah berbasis teknologi informasi berdasarkan hukum ekonomi syariah di BPRS Bandar Lampung yang ditinjau dari hukum ekonomi syariah telah sah (sahih) dikarenakan telah sejalan dengan ketentuan hukum ekonomi syariah. Hal tersebut dikarenakan Lembaga pembiayaan telah memiliki komoditas atau barang yang akan dijual kepada nasabah, serta adanya kemaslahatan dalam praktik akad murabahah yang diterapkan oleh BPRS Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 04:29
Last Modified: 24 May 2022 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19209

Actions (login required)

View Item View Item