PENGEMBANGAN E-BOOK MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI SIMULASI DIGITAL (SIGIL) BERORIENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK SISWA SMP/MTS

RAMONA, YASA (2022) PENGEMBANGAN E-BOOK MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI SIMULASI DIGITAL (SIGIL) BERORIENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK SISWA SMP/MTS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan serta efektivitas E-book matematika yang berorientasi nilai-nilai keislaman sebagai bahan ajar untuk peserta didik Kelas VII pada materi Perbandingan dan Skala. Jenis penelitian adalah pengembangan Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk divalidasi oleh validator ahli media, materi dan agama. Instrumen yang digunakan berupa angket serta tes. Teknik analisis data diskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif berguna untuk menganalisis kevalidan, kemenarikan, serta efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh skor rata-rata ahli materi sebesar 84%, ahli media 90,9%, dan ahli agama sebesar 83,6%, dikatagorikan valid dan layak digunakan. Respon dari peserta didik diperoleh persentase rata-rata uji coba skala kecil dan skala besar yaitu 86,7% dan 85,1%, dikatagorikan sangat menarik. Efektivitas dari peserta didik yang melaksanakan tes hasil belajar dengan pemberian pretest dan posttes, dengan perhitungan effect size, sehingga diperoleh Es = 0,42 dengan Interpretasi persentase sebesar 66% dan dikatagorikan efektif rentan sedang. Berdasarkan data tersebut, produk yang dibuat oleh peneliti sudah efektif dan menarik sebagai bahan ajar pembelajaraan. Kata Kunci : Pengembangan, E-book Matematika, Simulasi Digital (Sigil), Nilai-Nilai Keislaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 04:31
Last Modified: 24 May 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19208

Actions (login required)

View Item View Item