PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM GERAK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Lindayanti, L (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUKAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM GERAK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantukan media roda putar terhadap sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah The Matching Only Postest Control Group Desain yang menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berbantukan media roda putar, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model konvensional dalam pembelajaran di kelas. Tekhnik dalam pengumpulan data menggunakan Cluster Random Sampling, Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model Problem Based Learning berbantukan media roda putar dan Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keterampilan berfikir kritis dan sikap ilmiah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG yang berjumlah 35 siswa. Data yang diperoleh berupa angket sikap ilmiah dan soal keterampilan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji statistik yang digunakan adalah Uji t, uji prasyarat menggunakan Uji Liliefors dan Uji Fisher, diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis t untuk keterapilan berfikir kritis diperoleh hasil thitung = 15,5 sedangkan untuk uji hipotesis uji t pada sikap ilmiah diperoleh hasil ttabel = 1,98 dengan (db 100) dengan demikian bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning berbantukan media roda putar terhadap keterampilan berfikir kritis dan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran sistem gerak di SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, Problem Based Learnin,g Sikap ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Mar 2017 07:20
Last Modified: 02 Mar 2017 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item