PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI MULYA JAYA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA MULYOSARI KECAMATAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN

MUHAMMAD, ALI SAHID (2022) PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI MULYA JAYA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA MULYOSARI KECAMATAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYAHID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan merupakan upaya untuk memberikan daya atau penguatan kepada masyarakat, sebagai kemampuan individu yang bersenyawa dengan masyarakat dalam membangun keberdayaan masyarakat yang bersangkutan, sehingga bertujuan untuk menemukan alternative-alternatif baru dalam pembangunan masyarakat. Masyarakat desa Mulya Jaya mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Sub Pertanian masyarakat desa Mulya Jaya berfokus pada petani kakao. Dengan hadirnya PT Olam Indonesia membantu masyarakat berkebun kakao dengan pola yang baik sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian masyarakat, sehingga hal ini dapat memperbaiki taraf kehidupanya. Dengan bukti-bukti yang ada maka peneliti akan melihat secara detail tentang proses pemberdayaan kelompok tani yang ada di desa Mulya Jaya Kecamatan Way ratai Kabupaten Pesawaran. Rumusan Permasalahan di dalam penelitian ini adalah Bagaimana Proses Pemberdayaan Kelompok Tani Mulya Jaya Di Desa Mulyo Sari Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Bersifat Deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Untuk menentukan partisipan, menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan ini berjumlah 26 Orang. Hasil dari penelitian diketahui adanya proses pemberdayaan yang di terapkan oleh penyuluh yang bekerja sama dengan PT. Olam Indonesia dalam membangun masyarakat di Desa Mulya Jaya. Proses pemberdayaan yang di lakukan Melalui tahapan pemberdayaan yaitu seperti penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Tentunya Dengan peran PT.Olam Indonesia mau menjalankan program-program kelompok yang telah di buat berdasarkan musyawarah mufakat. Sehingga pemberdayaan tersebut dapat meningkatkkan kesejahteraan masyarakat. Kata Kunci: Pemberdayaan, Kelompok Tani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 03:46
Last Modified: 24 May 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19198

Actions (login required)

View Item View Item