PENGARUH MODEL APTITUDE TREATMEN INTERACTION ( ATI ) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNISI DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X BIOLOGI

WAHYU, LESTARI (2022) PENGARUH MODEL APTITUDE TREATMEN INTERACTION ( ATI ) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNISI DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WAHYU LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABTRAK PENGARUH MODEL APTITUDE TREATMEN INTERACTION ( ATI ) TERHADAP PENGETAHUAN METAKOGNISI DAN SIKAP ILMIAH PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI SISWA KELAS X BILOGI Oleh : Wahyu Lestari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Aptitude Treatmen Interaction ( ATI ) Terhadap Pengetahuan Metakognisi Dan Sikap Ilmiah Pada Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X Bilogi, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan menggunakan analisis uji-t. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tekhnik Teknik random sampling. Dari tekhnik tersebut kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajran ATI (Aptitude Treatmen Interaction) dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran model konvensional yang diberikan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukan Terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model ATI (Aptitute Treatmen Interaction) terhadap Pengetahuan metakognisi Peserta didik kelas X. Nilai rata-rata pengetahuan metakognisi pada kelas yang menggunakan pembelajaran dengan ATI (Aptitute Treatmen Interaction)(eksperimen ) sebesar 83,8 sedangkan pada kelas yang menggunakan model konvensional (Kelas Kontrol) adalah 68,3. Uji Hipotesis Menggunakan Uji-t menunjukan nilai sig. 0,000< 0,05 . Maka Ho ditolak dan diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa ATI (Aptitute Treatmen Interaction) berpengaruh signifikan terhadap Pengetahuan Metakognisi. Hipotesis penelitian kedua menyatakan Terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model ATI (Aptitute Treatmen Interaction) terhadap sikap ilmiah Peserta didik kelas X. Skor rata-rata sikap ilmiah pada kelas yang menggunakan iv pembelajaran dengan model ATI (Aptitute Treatmen Interaction) (Kelas Eksperimen) sebesar 33,7 sedangkan pada kelas yang menggunakan model konvensional (Kelas Kontrol) adalah 27,7. Uji Hipotesis Menggunakan Uji-t menunjukan nilai sig. 0,000< 0,05 . Maka Ho ditolak dan diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran ATI (Aptitute Treatmen Interaction) berpengaruh signifikan terhadap sikap ilmiah peserta didik. Keyword: ATI (Aptitute Treatmen Interaction) , Metakognisi , sikap ilmiah. v ABTRACT THE EFFECT OF THE APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) MODEL ON METACOGNIC KNOWLEDGE AND SCIENTIFIC ATTITUDE ON BIODIVERSITY MATERIALS IN CLASS X BILOGY Wahyu Lestari This study aims to determine the effect of the Aptitude Treatment Interaction ( ATI ) Model on Metacognitive Knowledge and Scientific Attitudes in Biology Class X Biology Students. The method used in this study was Quasy Experiment using t-test analysis. The sample in this study was taken using the random sampling technique. From these techniques, class X IPA 2 as an experimental class uses the ATI (Aptitude Treatment Interaction) learning model and class X IPA 1 as a control class uses conventional learning models given by the teacher. The results of this study indicate that there is an effect of learning using the ATI (Aptitute Treatment Interaction knowledge of class X students. The average value of metacognitive knowledge.in classes that use learning with ATI (Aptitute Treatment Interaction) (experiments) is 83.8 while the class that uses the conventional model (Control Class) is 68.3. Hypothesis Test Using t-test shows the value of sig. 0.000< 0.05 . Then Ho is rejected and H_1 is accepted. This shows that ATI (Aptitute Treatment Interaction) has a significant effect on Metacognition Knowledge. The second research hypothesis states that there is an effect of learning using the ATI (Aptitute Treatment Interaction) model on the scientific attitude of class X students. The average score of scientific attitudes in classes that use learning using the ATI (Aptitute Treatment Interaction) model (Experimental Class) is 33, 7 while the class that uses the conventional model (Control Class) is 27.7. Hypothesis Test Using t�test shows the value of sig. 0.000< 0.05 . Then Ho is rejected and H_1 is accepted. This shows that the ATI (Aptitute Treatment Interaction) vi learning model has a significant effect on the scientific attitude of students. Keyword: ATI (Aptitute Treatment Interaction), Metacognition, scientific attitude

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 06:18
Last Modified: 24 May 2022 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19189

Actions (login required)

View Item View Item