PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN, KOMUNIKASI DAN PENANGANAN KONFLIK TERHADAP RELATIONSHIP MARKETING PETANI SAYURAN DAN PEDAGANG PENGEPUL DI KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM

SISKA, SETIAWATI (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN, KOMUNIKASI DAN PENANGANAN KONFLIK TERHADAP RELATIONSHIP MARKETING PETANI SAYURAN DAN PEDAGANG PENGEPUL DI KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kecamatan Sumberejo memiliki penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Sehingga penduduk Kecamatan Sumberejo banyak yang bekerja di bidang pertanian, khususnya sebagai petani sayur. Jumlah produksi sayuran yang cukup tinggi membuat petani membutuhkan lembaga lain untuk memasarkan sayuran yaitu pedagang pengepul. Hubungan antara petani dan pengepul harus berjalan dengan baik. Untuk menjalin hubungan pemasaran yang baik terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi relationship marekting yaitu kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan konflik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan konflik terhadap relationship marketing dan untuk mengetahui relationship marketing yang terjalin antara petani dan pengepul di kecamatan Sumberejo dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan analisis data bersifat kuantitatif dan analisis deskriptif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang menggunakan skala likert. Penentuan sampel untuk petani sayur dan pedagang pengepul menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dilakukan secara sengaja dengan mempertimbangkan kriteria responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y), variabel bebas ada 4 yaitu kepercayaan (X1), Komitmen (X2), Komunikasi (X3) dan Penanganan Konflik (X4) sedangkan variabel terikatnya adalah Relationship Marketing. Berdasarkan hasil pengujian data yang telah dilakukan peneliti, hasil penelitian ini adalah variabel kepercayaan, komunikasi dan penanganan konflik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap relationship marketing yang terjalin antara petani dan pengepul. Sedangkan variabel komitmen tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hubungan pemasaran yang terjalin antara petani sayuran dan pedagang pengepul di Kecamatan Sumberejo. Hubungan pemasaran yang terjalin antara petani dan pengepul di Kecamatan Sumberejo cukup baik, petani dan pengepul di Kecamatan Sumberejo mempunyai penilaian yang baik terhadap hubungan pemasaran yang terjalin. Kata Kunci: Relationship Marketing, Petani Sayuran, Pedagang Pengepul ABSTRACT Sumberejo sub-district has residents who mostly work as farmers. So that many residents of Sumberejo District work in agriculture, especially as vegetable farmers. The high amount of vegetable production makes farmers need other institutions to market vegetables, namely collector traders. The relationship between farmers and collectors must work well. To establish a good marketing relationship, there are factors that influence relationship marketing, namely trust, commitment, communication and conflict handling. The purpose of this study was to determine the effect of trust, commitment, communication and conflict management on relationship marketing and to determine the relationship marketing that exists between farmers and collectors in Sumberejo sub-district in an Islamic perspective. This study uses quantitative or statistical data analysis with the aim of testing the established hypotheses and the data collection method used in this study is a questionnaire using a Likert scale. Determination of the sample for vegetable farmers and traders using purposive sampling technique, namely the determination of the sample is done intentionally by considering the criteria of the respondents. The variables used in this study are the independent variable (X) to the dependent variable (Y), there are 4 independent variables, namely trust (X1), Commitment (X2), Communication (X3) and Conflict Management (X4) while the dependent variable is Relationship Marketing. Based on the results of data testing that has been carried out by researchers, the results of this study are the variables of trust, communication and conflict handling have a significant influence on relationship marketing that exists between farmers and collectors. While the commitment variable does not have a significant effect on the marketing relationship that exists between vegetable farmers and collector traders in Sumberejo District. The marketing relationship that exists between farmers and collectors in Sumberejo District is quite good, farmers and collectors in Sumberejo District have a good assessment of the established marketing relationship. Keywords: Relationship Marketing, Vegetable Farmers, Collecting Traders.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2022 02:43
Last Modified: 24 May 2022 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19188

Actions (login required)

View Item View Item