PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) BERBANTUAN MODUL DESAIN DIDAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK

Khoirunnisa, Imama (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) BERBANTUAN MODUL DESAIN DIDAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) BERBANTUAN MODUL DESAIN DIDAKTIS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK Oleh KHOIRUNNISA IMAMA Kemajuan ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi akan menimbulkan banyak persaingan dan tantangan dalam dunia pendidikan. Salah satu ilmu yang sangat penting dalam dunia pendidikan adalah ilmu matematika. Menanggapi hal ini, ada beberapa aspek yang memang harus dimiliki oleh peserta didik, diantaranya adalah kemampuan penalaran matematis. Model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) dinyatakan mampu untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dengan menekankan pada pemecahan masalah secara berurutan. Dalam pemecahan masalah diperlukannya self-efficacy (kepercayaan diri) untuk melakukan penyelesaian soal atau tugas dengan baik yang akan menjadi penentu prestasi belajar matematika. Modul desain didaktis sebagai penunjang proses pembelajaran juga dapat membantu peserta didik dalam memahami materi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) berbantuan modul desain didaktis terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari self�efficacy peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Qur‘an Hidayatul Qur‘an Lampung Timur. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen satu yang memperoleh model pembelajaran SSCS berbantuan modul desain didaktis, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dua yang memperoleh model pembelajaran SSCS, dan VIII C sebagai kelas kontrol yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Metode yang dipakai yaitu Quasi Experiment dengan desain faktorial 3x3. Analisis data yang digunakan adalah Two Way Anova dengan taraf siginifikansi 5% dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai sig. < 0,05 Sehingga ditolak dimana itu menunjukan bahwa terdapat adanya pengaruh. Berdasarkan hasil uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe’ dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SSCS berbantuan modul desain didaktis terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari self-efficacy peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran SSCS, Kemampuan Penalaran Matematis, Self�Efficacy, Modul Desain Didaktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2022 06:49
Last Modified: 23 May 2022 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item View Item