PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

RINI, SETYAWATI (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INTRODUCTION DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Rini Setyawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan literasi matematis dan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa. Hasil penelitian di kelas XI SMA Negeri 1 Raman Utara, Lampung Timur menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis dan berpikir kritis matematis siswa masih tergolong rendah, dari 71 siswa hanya sebanyak 13 siswa yang mencapai KKM untuk tes kemampuan literasi matematis dan sebanyak 12 siswa yang mencapai KKM untuk tes berpikir kritis matematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat perbedaan antara model pembelajaran Problem based introduction dengan Pendekatan Saintifik dan pembelajaran model direct instruction terhadap kemampuan literasi matematis dan berpikir kritis matematis siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Mia 1 dan XI Mia 3 SMA Negeri 1 Raman Utara. Menggunakan Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling, teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Manova. Hasil penelitian dan hasil uji manova diperoleh kesimpulan bahwa Terdapat perbedaan antara model pembelajaran Problem based introduction dengan Pendekatan Saintifik dan pembelajaran model direct instruction terhadap kemampuan literasi matematis siswa, Terdapat perbedaan antara model pembelajaran Problem based introduction dengan Pendekatan Saintifik dan pembelajaran model direct instruction terhadap berpikir kritis matematis siswa, Terdapat perbedaan antara model pembelajaran Problem based introduction dengan Pendekatan Saintifik dan pembelajaran model direct instruction terhadap kemampuan literasi matematis dan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Berpikir Kritis Matematis, Dan Model Problem Based Introduction dengan Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2022 04:31
Last Modified: 23 May 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19171

Actions (login required)

View Item View Item