ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Desa Ogan Lima Kec. Abung Barat, Kab. Lampung Utara)

Amirul, Khusnah (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Desa Ogan Lima Kec. Abung Barat, Kab. Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syari‟ah saat ini telah memberikan keuntungan bagi nasabah dan tumbuh dengan begitu baik. Akan tetapi tidak jarang masyarakat yang masih beranggapan tidak adanya perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional, hanya keduanya menggunakan istilah berbeda. Hal ini menggambarkan bagaimana pemahaman masyarakat mengenai perbankan syariah yang belum merata. Oleh sebab itu pengambilan keputusan dari calon nasabah dalam menggunakan bank syariah sangat penting untuk diperhatikan demi kelangsungan dan tetap eksisnya bank syariah dalam perekonomian global. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data diambil secara langsung melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat desa Ogan Lima. Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden dengan menggunakan rumus Slovin diambil dengan cara teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 17. Analisis ini meliputi uji reliabilitas dan validitas, uji regresi berganda, uji analis prasyarat, uji T dan uji F serta koefisien determinsi (R2 ). Hasil uji T menunjukkan bahwa persepsi, pengetahuan dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah dibank syariah, dan hasil uji F menunjukkan bahwa persepsi, pengetahuan dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah dibank syariah dengan pengaruh sebesar Fhitung 41,334 > Ftabel 2,70 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Serta berdasarkan hasil uji determinsi (R2 ) sebesar 0,555, hal ini menjelaskan bahwa pengaruh variabel persepsi (X1 ), pengetahuan (X2 ) dan promosi (X3 ) terhadap minat masyarakat (Y) sebesar 55,5%. Sedangkan sisanya 44,5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Persepsi, Pengetahuan, Promosi, Minat Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2022 04:03
Last Modified: 23 May 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19168

Actions (login required)

View Item View Item