ANALISIS POTENSI PENGELOLAAN WAKAF WASIAT POLIS ASURANSI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Pada PT. Sunlife Financial Syariah Bandar Lampung)

Dini, Mustika Erinawati (2022) ANALISIS POTENSI PENGELOLAAN WAKAF WASIAT POLIS ASURANSI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH (Studi Pada PT. Sunlife Financial Syariah Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan industri asuransi syariah di Indonesia terus mengalami peningkatan, dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah aset perusahaan perasuransian syariah di Indonesia pada periode tahun 2013 sampai 2017. Selama kurun waktu 5 tahun terakhir, perkembangan total aset perasuransian syari’ah tumbuh rata�rata 25,17%. Banyak perusahaan asuransi yang bersaing memberikan inovasi baru pada produk-produk yang mereka tawarkan, salah satunya pada PT.SunLife Financial yang memiliki produk gabungan antara asuransi dan wakaf, sebagaimana fatwa DSN-MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf manfaat asuransi dan manfaat investasi pada asuransi jiwa syariah. Pada tahun 2017 PT. SunLife Financial Syariah meluncurkan wakaf manfaat asuransi untuk produk syariah, dan pada Agustus 2018 SunLife memosisikan ulang produk Asuransi Brilliance Hasanah Maxima dengan menambahkan fasilitas baru yaitu Wakaf berkala, produk yang inovatif ini lengkap dengan manfaat wakafnya. Nasabah dapat merencanakan keuangan masa depan sekaligus beribadah wakaf disaat yang bersamaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaanWakaf Wasiat Polis Asuransi Syariah di PT. Sun Life Financial Syariah Bandar Lampung ? dan bagaimana potensi Wakaf Wasiat Polis Asuransi Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT. SunLife Financial Syariah Bandar Lampung ? Jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan, sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari wawancara langsung dengan pihak PT. SunLife Financial Syariah, sementara data sekunder diperoleh dari literatur kepustakaan dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Data yang telah dikumpulkan lalu di analisis secara deskriptif-kualitatif yaitu menyajikan data secara rinci sehingga dapat diperoleh gambaran atau suatu penjelasan dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengelolaan wakaf wasiat polis pada PT.Sunlife Financial Syariah Bandar Lampung dilakukan berdasarkan pada ketentuan yang berlaku pada fatwa DSN�MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf manfaat asuransi dan manfaat investasi, dimana penerapan pengelolaan wakaf wasiat polis ini menerapkan setiap nasabah dapat mewakafkan manfaat asuransi sebesar 45% dan wakaf investasi maksimal 30%. Wakaf tersebut dapat dicairkan pada saat pengajaun klaim. Secara eksplesit wakaf wasiat polis PT.Sunlife Financial Syariah Bandar Lampung memiliki potensi yang cukup bagus dengan melihat bahwa masyarakat Bandar Lampung didominasi oleh masyarakat muslim, kemudian wakaf juga merupakan bentuk kedermawanan dalam Islam yang memberikan manfaat berkelanjutan bagi masyarakat sehingga menjanjikan pahala yang tidak terputus, selanjutnya produk wakaf asuransi merupakan salah satu produk yang spesifik dan hanya berlaku di asuransi syariah. Kata Kunci : Wakaf Wasiat Polis, Asuransi Syari’ah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2022 03:46
Last Modified: 20 May 2022 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item