PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSEPEKTIF IMAM AL-GHAZALI

M U N S H O R I F, Mas’uddin (2022) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSEPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSEFEKTIF IMAM AL-GHAZALI Oleh Munshorif Pendidikan akhlak tidak bisa dipisahkan dari ruang lingkup pendidikan Islam. Sebab, pendidikan akhlak yang bertujuan untuk mencapai akhlak yang sempurna merupakan puncak dari tujuan pelaksanaan pendidikan Islam itu sendiri. Dengan kata lain, seorang muslim tidak dapa dikatakan dikatakan sempurna agamanya bila akhlak dalam kehidupannya tidak mencerminkan akhlak yang baik. Pendidikan akhlak adalah upaya sadar dan terencana untuk menanamkan nilai-nilai akhlak yang di internalisaikan kedalam pribadi peserta didik sehingga diharapkan akan terbentuk kepribadian yang berakhlak mulia. Imam Al-Ghazali adalah seseorang yang menekuni dunia pendidikan khususnya ilmu bidang keagamaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Pendidikan Akhlak Menrut Prespektif Imam Al-Ghazali”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (liberary research) dengan pendekatan Deskriftif Kualitatif atau sering di sebut metode penelitian narulalistik karena penelitiannya di lakukan pada kondisi yang alamiah(natural setting). Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini bersifat tekstual yang di ambil dari berbagai literatur yang kemudian di pilah-pilah lalu dimasukkan kedalam kategori sumber primer dan sumber skunder.peneliti ini memilih teknik filosofis yaitu menyelidiki persoalan yang muncul dengan cara di kaji lebih universal. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pemikiran Imam Al�Ghazali terkait dengan konsep pendidikan akhlak untuk mengatasi degradasi moral saat ini dapat dilakukan dengan membangun kualitas pendidikan terutama dalam menanamkan nilai-nilai akhlak Islami dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan. Untuk meningkatkan pendidikan akhlak Islami, menanamkan nilai-nilai akhlak yang bersifat permanen, membangun kepribadian muslim yang kaffah. Selain itu, Imam Al-Ghazali juga memaparkan mengenai langkah�langkah pendidikan akhlak untuk mengatsi degradasi yang terdiri dari pendidikan akhlak yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadits, tujuan pendidikan akhlak, tahapan yang dicapai dalam pembentukan akhlak iii yaitu Takhalli, Tahalli, Tajalli, serta metode pembentukan nya dengan cara keteladanan, At-Tajribah, riyadhah dan mujahadah. Pendidikan akhlak oleh Imam Al-Ghazali dapat di sesuaikan pada pendidikan saat ini, karena pendidikan akhlak yang dikemukakan oleh Imam AL�Ghazali selaras dengan pendidikan Agama Islam didalam kurikulum saat ini. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2022 02:19
Last Modified: 20 May 2022 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19151

Actions (login required)

View Item View Item