PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN TEKNIK MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI METACOGNITIVE AWARENESS

EKA, WIDIYASARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN TEKNIK MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI METACOGNITIVE AWARENESS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA WIDIYASARI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan yang berkualitas akan menciptakan generasi yang berkualitas. Disisi lain, Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dengan teknik mnemonic terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, untuk mengetahui pengaruh kategori metacognitive awareness tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasy eksperiment design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Nurul Iman, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dimana kelas VIII B2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran CORE, kelas VIII B1 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran CORE dengan teknik mnemonic dan kelas VIII B3 sebagi kelas control dengan model pembelajaran konvensional.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Anova dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil uji, hipotesis pertama ditunjukkan harga statistic sebesar 12.92 ( 3.18), sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran CORE dengan teknik mnemonic terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hipotesis kedua menunjukkan harga statistic sebesar 19.97 ( 3.18) sehingga ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh kategori metacognitive awareness tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hipotesis ketiga menunjukkan harga statistic sebesar 1.65 ( 2.55) sehingga diterima dengan kesimpulan tidak terdapat interaksi anatara model pembelajaran CORE dengan teknik mnemonic dengan metacognitive awareness terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Teknik Mnemonic, Kemampuan Berpikir Kreatif, Dan Metacognitive Awareness)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2022 07:42
Last Modified: 19 May 2022 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19148

Actions (login required)

View Item View Item