PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS IV SD/MI

Amelia, Anggraini (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUTOPLAY MEDIA STUDIO PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMALIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menghasilkan produk berupaMedia Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Pjok Kelas IV SD/MI dan mengetahui bagaimana tingkat kelayakan media sehingga menghasilkan media yang valid, efektif dan responsive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket Penelitian dan pengembangan menghasilkan media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio Pada Mata Pelajaran Pjok Kelas IV SD/MI yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, Pendidik dan Respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan mengikuti prosedur yang telah dikembangkan Robert Maribe Branch tersebut, yang terdiri dari lima langkah. Kelima langkah tersebut adalah: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan produk, Validasi dilakukan oleh para ahli yaitu validator ahli media, ahli materi, dan instrumen tes. Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase rata-rata 83,33% dalam kategori “Sangat baik” atau layak dan produk siap digunakan. Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase rata-rata skor 96,25% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil dari respon peserta didik pada produk ini diperoleh rata-rata nilai 96% dengan nilai tersebut maka produk mencapai kriteria “Sangat Menarik”. Kata Kunci : Autoplay Media Studio, Media Pembelajaran, Pjok Kelas IV SD/MI ABSTRACT This study aims to develop and produce a product in the form of Learning Media Based on Autoplay Media Studio in Class IV Elementary School/MI Pjok Subjects and to find out how the level of media feasibility is to produce valid, effective and responsive media. The data collection technique in this research is to use a research and development questionnaire to produce learning media based on Autoplay Media Studio in Class IV Elementary School Corner Subjects that are suitable for use based on assessments from media experts, material experts, educators and student responses. This research uses research and development (R&D) methods. The development procedure follows the procedure developed by Robert Maribe Branch, which consists of five steps. The five steps are: Analysis (analysis), Design (design), Development (development), Implementation (implementation), Evaluation (evaluation). To determine the feasibility of the product, validation is carried out by experts, namely media expert validators, material experts, and test instruments. The trial was carried out in two stages, namely small�scale trials and large-scale trials. Based on the validation results of media experts, the average percentage is 83.33% in the "Very good" or appropriate category and the product is ready to use. The results of material expert validation get an average score of 96.25% with the "Very Eligible" criteria. The results of student responses to this product obtained an average value of 96% with this value, the product reached the "Very Interesting" criteria. Keywords : Autoplay Media Studio, Learning Media, Class IV Corner of SD/MI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 May 2022 03:36
Last Modified: 19 May 2022 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19133

Actions (login required)

View Item View Item