PERAN BAWASLU PROVINSI LAMPUNG DALAM PROSES PENYELESAIAN SENGKETA PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi BAWASLU Provinsi Lampung)

AYU, RIZKI WAHYUNI (2022) PERAN BAWASLU PROVINSI LAMPUNG DALAM PROSES PENYELESAIAN SENGKETA PADA PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi BAWASLU Provinsi Lampung). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU RIZKI WAHYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberadaan Bawaslu sebagai lembaga yang ditunjuk secara resmi untuk mengawasi berlangsungnya berbagai tahapan pemilu diharapkan dapat mendorong pelaksanaan tahapan pemilu berjalan baik. Di dalam kegiatan pemilu, Bawaslu memiliki peran yang sangatlah penting demi menciptakan pemilu yang damai. Namun, untuk menciptakan pemilu damai tidaklah mudah karena ada beberapa faktor yang menjadi penghambat. Faktor penghambat tersebut salah satunya adalah sengketa pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Bawaslu Provinsi Lampung dalam Menyelesaikan Sengketa pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandar Lampung Tahun 2020 dalam perspektif fiqh siyasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer yang diambil dari sejumlah responden terdiri dari Plt. Kabag. Hukum, Humas, Datin, Staf PP, dan Staf PSP di Bawaslu Provinsi Lampung. Sedangkan data sekunder dilakukan melalui kepustakaan bertujuan untuk mengumpulkan data-data dan informasi dengan bantuan buku-buku yang terdapat pada perpustakaan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa peran Bawaslu dalam proses penyelesaian sengketa pada pemilihan walikota dan wakil walikota bandar lampung tahun 2020 adalah Bawaslu Provinsi Lampung telah menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai dengan hukum yang berlaku, baik itu hukum umum maupun hukum Islam. Selanjutnya, Bawaslu telah menjalankan kewajiban dan kapasitasnya sesuai dan sejalan dengan konsep ulil amri dan Wilayatul Al-Hisbah. Kata Kunci : Bawaslu, Penyelesaian Sengketa, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 06:54
Last Modified: 17 May 2022 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19121

Actions (login required)

View Item View Item