PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

JESICA, LUTFITA RACHMAWATI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI JESIKA LUTFITA RACHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR Oleh JESICA LUTFITA RACHMAWATI Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan setiap individu, selain untuk memperkaya ilmu juga dapat berguna bagi kemajuan suatu bangsa. Salah satu pelajaran yang wajib dipelajari oleh setiap invidu yaitu matematika yang merupakan pelajaran yang banyak menyangkut akan kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan pelajaran yang jarang disukai oleh peserta didik sehingga sering mengakibatkan banyak kemampuan berpikir kreatif siswa menjadi rendah. Kemampuan berpikir kreatif ialah kemampuan seseorang untuk memunculkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Selain itu juga gaya belajar siswa juga mempengaruhi proses belajar mengajar yang dilakukan dalam pembelajaran. Gaya belajar merupakan kebiasaan yang mampu membuat orang tersebut lebih cepat dalam memahami, menerima serta mengelola informasi tersebut. Peneliti telah melakukan penelitian di salah satu SMP Qur’an Hidayatul Qur’an diberikan sebuah instrumen soal kemampuan berpikir kreatif matematis yang terdiri dari lima soal dan didapatkan hasil bahwa kemampuan siswa masih sangat rendah karena dari 46 siswa kelas VII pada SMP tersebut hanya 8 siswa yang mampu mencapai batas KKM yang telah ditentukan. Dari masalah yang didapatkan peneliti akan melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran CMP (Connected Mathematics Project) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini ialah Quasy Eksperimen. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Qur’an Hidayatul Qur’an dengan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas kontrol dengan menerapkan model konvensional dan kelas eksperimen dengan menerapkan model CMP. pada penelitian ini peneliti menggunakan dua instrumen yakni instrumen soal kemampuan berpikir kreatif dan instrument angket gaya belajar. Setelah dilakukan analisis data akan dilakukan uji hipotesis yaitu dengan uji anova dua jalan yang mana didapatkan hasil bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran CMP terhadap kemampuan berpikir kreatif (2) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran CMP dengan gaya belajar guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kata kunci : (Connected Mathematics Project ) CMP, kemampuan berpikir kreatif matematis, gaya belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 04:30
Last Modified: 17 May 2022 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item