PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KINERJA GURU DI MA AL-UTRUJIYYAH BANDAR LAMPUNG

Reni, Kartika (2022) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KINERJA GURU DI MA AL-UTRUJIYYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (560kB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala sekolah adalah personel sekolah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan di sekolah. Ia mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinya. Supervisi ialah suatu aktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membntu para guru dan pegawai sekolah lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif oleh karena itu kepemimpinan kepala sekolah merupakan proses aktualisasi antara kepala sekolah dan guru serta komponen pendidikan lainnya dalam upaya untuk maju kearah tercapainya tujuan pendidikan. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan dan Tindak Lanjut Supervisi Kepala Madrasah Dalam meningkatkan Kinerja Guru di MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi yang dilakukan kepala madrasah sebagai supervisor terhadap peningkatan kinerja guru di MA Al-Utrujiyyah Lampung.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan, dimana penelitian ini dilakukan dalam lokasi MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung, adapaun dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview (Wawancara) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa kepala madrasah menjalankan perannya sebagai supervisor dengan,membuat prencanaan program supervisi, melaksanakan programsupervisi dengan teknik teknik supervisi dan menindak lanjuti hasil dari pelaksanaan supervisi maka hal itu berdampak pada kinerja guru yang terus membaik dalam pembelajaran di MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung. Kata kuci : Supervisi, Kepala sekolah, Kinerja Guru ABSTRAK The principal is a school personnel who is responsible for all activities in the school. He has the authority and responsibility to organize all educational activities in the school environment he leads. Supervision is a coaching activity that is planned to assist teachers and other school employees in carrying out their work effectively. The formulation of the problem in this research is "How is the Planning, Implementation and Follow-up of Supervision of Madrasah Heads in Teacher Performance at MA AL�Utrujiyyah Bandar Lampung?". This study aims to find out how the implementation carried out by the madrasa principal as a supervisor in improving teacher performance at MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung. data using the method of observation, interview (interview) and documentation. Data analysis uses qualitative analysis where the author describes the symptoms that occur in the object of research. The results showed that: that the head of the madrasah carried out his role as a supervisor by planning a supervision program, carrying out a supervision program with supervision techniques and following up on the results of the implementation of supervision, it had an impact on teacher performance which continued to improve in learning at MA Al-Utrujiyyah Bandar Lampung Keywords : Supervision, Principal, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 04:22
Last Modified: 17 May 2022 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19118

Actions (login required)

View Item View Item