PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI HIMPUNAN PESERTA DIDIK KELAS VII

DEWI, RATNAWATI (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS RME (REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION) TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI HIMPUNAN PESERTA DIDIK KELAS VII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEWI RATNAWATI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Matematika merupakan mata pelajaran yang ada pada setiap jenjang pendidikan, akan tetapi berdasarkan hasil dari data studi pendahuluan di MTs Nurul Islam Jati Agung, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenakan peserta didik masih menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, peserta didik mudah bosan dalam pembelajaran, serta bahan ajar yang digunakan kurang menarik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) yang terintegrasi nilai keislaman di dalamnya. Tujuan dalam penelitian ini antara lain: 1) untuk mengetahui pengembangan modul berbasis RME (Realistic Mathematic Education) terintegrasi nilai keislaman pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. 2) untuk mengetahui respon peserta didik dan pendidik terhadap pengembangan modul berbasis RME (Realistic Mathematic Education) terintegrasi nilai keislaman. 3) untuk mengetahui keefektifan penggunaan modul berbasis RME (Realistic Mathematic Education) terintegrasi nilai keislaman untuk SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: 1) Modul berbasis RME (Realistic Mathematic Education) terintegrasi nilai keislaman dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE dengan melalui tahap Analysis, Design, Development, Implementation Evaluation dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media dan ahli keislaman dengan kriteria valid. 2) Respon peserta didik pada uji skala kecil yang diikuti oleh 15 peserta didik kelas VII A diperoleh rata-rata sebesar 3,32 dengan kriteria “sangat menarik” dan pada uji coba skala besar yang diikuti oleh 30 peserta didik kelas VII B diperoleh rata-rata sebesar 3,45 dengan kriteria “sangat menarik” sedangkan untuk respon pendidik diperoleh rata-rata sebesar 3,53 dengan kriteria “sangat menarik”. 3) Untuk uji efektivitas tidak dilakukan dikarenakan terkendala dengan adanya pandemi Covid-19. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis RME (Realistic Mathematic Education) terintegrasi nilai keislaman pada materi himpunan dinyatakan valid dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Modul, Nilai Keislaman, RME (Realistic Mathematic Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 04:04
Last Modified: 17 May 2022 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19115

Actions (login required)

View Item View Item