HUBUNGAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR REFLEKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SERTA DAMPAK PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA

SRI, WULANDARI (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN BERPIKIR REFLEKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SERTA DAMPAK PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SRI WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang bisa membuat seseorang menghubungkan terhadap presemis-presemis yang bermanfaat supaya menciptakan hipotesis dengan tahapan membuat kesimpulan matematis yang sesuai. Kemampuan berpikir reflektif merupakan kemampuan berpikir dalam penyelesaian persoalan dengan tangkas tanpa berkepanjangan, giat dan meninjau dengan teliti terkait apa saja yang terbukti validitasnya. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa supaya bisa memahami konsep yang dijelaskan oleh guru. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan suatu tahapan dalam menangani persoalan-persoalan yang ditemui supaya tercapai apa yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat hubungan kemampuan penalaran dan berpikir reflektif terhadap pemecahan masalah melalui pemahaman konsep baik secara langsung maupun tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi kuantitatif dengan jenis penelitian analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Banjar Margo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 1 Banjar Margo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas dengan materi penyajian data.instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes kemampuan penalaran matematis, tes kemampuan berpikir reflektif matematis, tes kemampuan pemahaman konsep, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan (1) terdapat hubungan langsung kemampuan penalaran terhadap pemahaman konsep, (2) terdapat hubungan langsung kemampuan berpikir reflektif terhadap pemahaman konsep, (3) terhadap hubungan langsung penalaran terhadap pemecahan masalah matematis (4) terdapat hubungan langsung kemampuan berpikir reflektif pemecahan masalah matematis, (5) terdapat hubungan langsung kemampuan pemahaman konsep terhadap pemecahan masalah matematika, (6) terdapat hubungan tak langsung kemampuan penalaran terhadap pemecahan masalah melalui pemahaman konsep, (7) terdapat hubungan tak langsung kemampuan berpikir reflektif terhadap pemecahan masalah melalui pemahaman konsep. Kata Kunci : Penalaran Matematis, Berpikir Reflektif Matematis, Pemahaman Konsep, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. ABSTRACT Mathematical reasoning ability is an ability that can make a person relate to useful premises in order to create hypotheses with the stages of making appropriate mathematical conclusions. The ability to think reflectively is the ability to think in solving problems agilely without being prolonged, being active and reviewing carefully what has been proven to be valid. The ability to understand concepts is the ability of students to be able to understand the concepts explained by the teacher. Mathematical problem solving ability is a stage in dealing with the problems encountered in order to achieve what is desired. The purpose of this research is to see the relationship between reasoning ability and reflective thinking on problem solving through understanding the concept either directly or indirectly. The approach used in this research is quantitative correlation with the type of path analysis research. The population in this study were all students of SMA Negeri 1 Banjar Margo. The sample in this study was class X IPA SMA Negeri 1 Banjar Margo. The sampling technique in this study used the slovin formula. The sample in this study used 2 classes with data presentation material. The instruments used in data collection were a mathematical reasoning ability test, a mathematical reflective thinking ability test, a concept understanding ability test, and a mathematical problem solving ability test. Data analysis in this study concluded (1) there is a direct relationship between reasoning ability and conceptual understanding, (2) there is a direct relationship between reflective thinking ability and conceptual understanding, (3) there is a direct relationship between reasoning ability and concept understanding. mathematical problem solving (4) there is a direct relationship between thinking skills and reflective skills in solving mathematical problems, (5) there is a direct relationship between conceptual understanding abilities and mathematical problem solving, (6) there is an indirect relationship between reasoning abilities and mathematical thinking abilities. problem solving through conceptual understanding, (7) there is an indirect relationship between reflective thinking and problem solving through conceptual understanding Keywords : Mathematical Reasoning, Mathematical Reflective Thinking, Concept Understanding, and Mathematical Problem Solving Ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 03:53
Last Modified: 17 May 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item View Item