KONSTRUKSI REALITAS KAUM REMAJA DALAM ORIGINAL SERIES 7 HARI SEBELUM 17 TAHUN (Analisis Pesan Dakwah dengan Teori Semiotika Roland Barthes)

SARLINDA, FATIMAH (2022) KONSTRUKSI REALITAS KAUM REMAJA DALAM ORIGINAL SERIES 7 HARI SEBELUM 17 TAHUN (Analisis Pesan Dakwah dengan Teori Semiotika Roland Barthes). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi SARLINDA FATIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dari sebagian besar realitas, setiap manusia tak hanya menjalankan perannya sebagai penonton saja, akan tetapi setiap manusia juga dapat menjalankan perannya sebagai seorang aktor atau aktris di dalam panggung realitas kehidupan sendiri. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, tentunya banyak sekali yang harus dibenahi dalam melakukan aktivitas dakwah supaya sesuai dengan perkembangan masyarakat saat ini. Termasuk penggunaan berbagai media yang ada untuk kepentingan dakwah, baik media cetak, internet, maupun elektonik yang dinilai lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan dakwah. Pesan dakwah merupakan isi ataupun materi yang disampaikan oleh da’i kepada mad’u berupa ajaran Islam yang dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu pesan aqidah, syariah, dan akhlak. Salah satunya adalah melalui film. Original series 7 hari sebelum 17 tahun merupakan drama remaja yang dilukiskan melalui potret kehidupan para remaja yang mengalami gangguan dari teman sebanyanya di Sekolah Menengah Atas (SMA) mulai dari bullying, cyber bullying, dan lain sebagainya. Dalam film inipun saat menontonnya dapat menawarkan nilai hiburan yang begitu konsisten sehingga dapat meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental. Kasus perundungan (bullying) di Indonesia pun sudah sangat memprihatikan, mengenai semakin tingginya jumlah kasus bullying yang terjadi di sekolah. Sehingga dalam skripsi ini fokus masalah yang akan diteliti oleh penulis ada dua, yaitu Bagaimana realitas kaum remaja yang dikonstruksikan dalam original series 7 hari sebelum 17 tahun dan pesan dakwah yang terkandung dalam film tersebut dengan tinjauan analisis semiotika. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui konstruksi realitas kaum remaja dalam Original Series 7 Hari Sebelum 17 Tahun dan juga untuk mengkaji serta menemukan pesan dakwah yang terkandung dalam film tersebut dengan tinjauan analisis semiotika. Dalam penelitian ini secara menyeluruh menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian pada skripsi ini merupakan penelitian pustaka (library research). Sumber data primer dan sekunder diperoleh melalui metode dukomentasi, observasi, dan wawancara. Data kemudian dianalisis menggunakan metode penerapan semiotika Roland Barthes dengan tahapan analisis John Fiske yang menekankan pada temuan dua tingkat dalam sistem pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi. Dalam penerapan semiotika tersebut digunakan sebagai pisau analisis untuk membedah sebuah sistem teks. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan dapat ditemukan dua penemuan yaitu, pertama konstruksi realitas remaja yang terdapat dalam original series 7 hari sebelum 17 tahun ini adalah konstruksi realitas kaum remaja dalam praktik bullying dan konstruksi realitas kaum remaja dalam keluarga yang kurang harmonis. Temuan kedua dalam penelitian ini bahwa film tersebut mengandung pesan: Aqidah, Syari’ah dan Akhlak. Kata Kunci: Konstruksi Realitas, Pesan Dakwah, Analisis Semiotika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 03:32
Last Modified: 17 May 2022 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19112

Actions (login required)

View Item View Item