RESPONS PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENANGGAPI SURAT KEPUTUSAN BERSAMA TENTANG PANDUAN PENYELENGARAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

YUMIRIYAH, ABDULLAH (2022) RESPONS PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENANGGAPI SURAT KEPUTUSAN BERSAMA TENTANG PANDUAN PENYELENGARAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi yumiriyah abdullah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK RESPONS PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDARLAMPUNG DALAM MENANGGAPI SURAT KEPUTUSAN BERSAMA TENTANG PANDUAN PENYELENGARAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 Oleh Yumiriyah Abdullah Surat Keputusan Bersama yang di keluarkan oleh 4 Menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Nomor 03/KB/202l, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19). Tujuan SKB 4 Menteri untuk bahan evaluasi bagi sekolah dalam melaksankan PTM. Sehingga peneliti ingin mengetahui Respons Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap berjalannya Pendidikan di Kota Bandarlampung, jumlah Sekolah SMP di Kota Bandarlampung yaitu 45, dan 2 sekolah MTs Negeri jadi keseluruhan sekolah Negeri di Kota Bandarlampung menjadi 47, 47 sekolah tersebut di bagi 4 tahap oleh Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung untuk melaksanakan PTM terbatas sehingga peneliti memakai metode purposive sampling yaitu metode teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, di tahap I dengan jumlah 16 SMP Negeri dan 1 MTs Negeri namun peneliti denahkan lagi berdasarkan masing-masing kecamatan sehingga menjadi 5 kecamatan dari 17 sekolah, dan peneliti mengambil satu�satu dari 5 kecamatan tersebut untuk di jadikan sampel, maka sampel sekolah yang peneliti ambil yaitu 7 sekolah. Alasan peneliti mengambil sampel di tahap I saja karena tahap I adalah sekolah�sekolah yang pertama kali di tunjuk oleh Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah tersebut juga sudah memiliki kesiapan, dan sarana prasana yang memadai. Metode yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif bersifat Deskriptif Analitik. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka hasil penelitian adalah Respons Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung terhadap Surat Keputusan Bersama 4 menteri dapat diselenggarakan di sekolah dengan syarat mengikuti protokol kesehatan yang telah di anjurkan dari pemerintah daerah, setiap sekolah juga harus mengikuti arahan iv yang diberikan Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung seperti menyelenggarakan vaskinasi, peserta didik yang masuk sekolah hanya 50% dengan sistem bergantian (shift), di dalam kelas di beri jarak minimal 1,5m, memakai masker, menjauhi kerumunan. Walaupun saat ini yang melaksanakan PTM terbatas hanya 50%, maka ini sudah menjadi salah satu peningkatan untuk pendidikan di Kota Bandarlampung dan harapan pun dari para tendik dan peserta didik, serta orang tua semoga PTM terbatas bisa berjalan dengan baik sehingga ada peningkatan menjadi 100%. Kata Kunci: Respons Pemerintah, Pendidikan, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2022 03:29
Last Modified: 17 May 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19111

Actions (login required)

View Item View Item