KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA MENURUT DR. ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

AZIZAH, NURWAHIDAH (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA MENURUT DR. ABDULLAH NASHIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AZIZAH NUR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya penyimpangan yang dilakukan anak saat ini. Kasus mengenai perundungan, tawuran, pergaulan bebas, bahkan penggunaan narkoba yang dilakukan anak kerap muncul di televisi dan surat kabar. Hal ini terjadi karena masih banyak orang tua yang belum memahami tugas dan tanggung jawab mereka sebagai sekolah pertama bagi anaknya. Dari kasus tersebut, penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan dan bagaimana relevansi konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan dengan pendidikan karakter. Tujuannya adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan Islam dalam keluarga menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah Konsep Pendidikan Islam dalam Keluarga Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan secara garis besar merupakan konsep pendidikan yang merujuk dari Al-Qur’an, As�Sunnah, dan para salafus shalih yang bertujuan untuk membina mental anak dan membina umat dan budaya yang dapat menjaga moral Islam. Konsep ini terdiri dari: tujuan pendidikan Islam, anak didik, pendidik, metode pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, media/alat pendidikan Islam, lingkungan pendidikan Islam, dan evaluasi pendidikan Islam. Relevansi konsep pendidikan Islam menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan dengan pendidikan karakter adalah keduanya memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan dengan mempersiapkan generasi yang bermoral dan berkarakter mulia. Adapun nilai pendidikan karakter yang relevan dengan konsep pendidikan Islam Dr. Abdullah Nashih Ulwan adalah karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kata Kunci: Pendidikan Islam dalam Keluarga, Pendidikan Karakter iii ABSTRACT This research is motivated by the many deviations that children do at this time. Cases of bullying, brawls, promiscuity, and even drug use by children often appear on television and newspapers. This happens because there are still many parents who do not understand their duties and responsibilities as the first school for their children. From this case, the author formulates the problem, namely how the concept of Islamic education in the family according to Dr. Abdullah Nashih Ulwan and how the relevance of the concept of Islamic education in the family according to Dr. Abdullah Nashih Ulwan with character education. The aim is to know the concept of Islamic education in the family according to Dr. Abdullah Nashih Ulwan and to find out the relevance of the concept of Islamic education in the family according to Dr. Abdullah Nashih Ulwan with character education. This study uses a qualitative approach that is descriptive analysis. The type of research used is library research. The data collection method in this study uses the documentation method. The data analysis technique used is content analysis technique. The result of this research is the concept of Islamic education in the family according to Dr. Abdullah Nashih Ulwan broadly is an educational concept that refers to the Qur'an, As-Sunnah, and the righteous salafus which aims to foster children's mentality and foster people and culture that can maintain Islamic morals. This concept consists of: the purpose of Islamic education, students, educators, Islamic education methods, Islamic education materials, Islamic education media/tools, Islamic education environment, and evaluation of Islamic education. The relevance of the concept of Islamic education according to Dr. Abdullah Nashih Ulwan with character education is that both of them have the aim of improving the quality of the process and results of education by preparing a generation of moral and noble character. The value of character education that is relevant to the concept of Islamic education, Dr. Abdullah Nashih Ulwan is a religious character, an honest character, and a social care character. Keywords: Islamic Education in the Family, Character Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2022 04:10
Last Modified: 13 May 2022 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19107

Actions (login required)

View Item View Item