PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

ANNISA, AMATUR RAHMAH (2022) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANNISA AMATUR RAHMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemikiran pendidikan Islam yang digagas oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam hal mengatasi permasalahan kerusakan adab yang terjadi didunia pendidikan serta penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui relevansi pemikiran pendidikan Syed Muhammad Naquib Al-Attas di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan studi analitik dengan tujuan untuk mengetahui pemikiran pendidikan islam menurut syed muhammad Naquib Al-Attas. Hasil dari penelitian ini menunujukan bahwasanya: 1) Pemikiran Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas memiliki 5 jenis komponen pendidikan yaitu, tujuan pendidikan islam yang menitikberatkan pada penanaman adab, dasar pendidikan islam al�Attas otoritas tertinggi adalah Al-Qur’an dan Hadist, Pendidik dan Peserta Didik, lalu pada kurikulum Al-attas membagi 2 jenis ilmu yaitu ilmu fardu a’in dan ilmu fardu kifayah, serta al-Attas, menggunakan metode Tauhid dan metode Metafora pada proses belajar mengajar. 2) Relevansi Implikasi Pemikiran pendidikan Syed Muhammad Naquib Al-Attas di Indonesia adalah menuju pendidikan Islam yang bercorak moral keagamaan dengan tetap menjaga keseimbangan dan keterpaduan sistem pendidikan. Kata Kunci: pemikiran Pendidikan, Syed Muhammad Naquib Al�Attas. iv ABSTRACT This study aims to understand the thought of Islamic education initiated by Syed Muhammad Naquib Al-Attas in terms of overcoming the problem of damage to adab that occurs in the world of education and this study also aims to determine the relevance of Syed Muhammad Naquib Al-Attas' educational thought in Indonesia. This study uses library research methods and analytical studies with the aim of knowing the thoughts of Islamic education according to Syed Muhammad Naquib Al-Attas. The results of this study indicate that: 1. Syed Muhammad Naquib Al-Attas Islamic Education Thought has 5 types of educational components, namely, the purpose of Islamic education which focuses on the cultivation of adab, the basis of Islamic education al-Attas the highest authority is the Qur'an and Hadith, Educators and Students, then Al-Attas curriculum divides 2 types of knowledge, namely fardu a'in science and fardu kifayah science, and al-Attas, uses the Tawhid method and the Metaphor method in the teaching and learning process. 2. Relevance of the Implications of Syed Muhammad Naquib Al�Attas' educational thinking in Indonesia is towards Islamic education with a religious moral character while maintaining the balance and integration of the education system. Keyword : Educational thought, Syed Muhammad Naquib Al�Attas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2022 04:07
Last Modified: 13 May 2022 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19106

Actions (login required)

View Item View Item