IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DI RA AL IKHLAS PEMETUNG BASUKI OKU TIMUR

Septiana, Tanti Nurlisa (2022) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DI RA AL IKHLAS PEMETUNG BASUKI OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SEPTIANA TANTI NURLISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepemimpinan kepala sekolah adalah seseorang yang memiliki keahlian serta tanggung jawab untuk memimpin sebuah instansi yang dipimpimnya baik secara individu maupun kelompok. Kualitas tenaga pendidik merupakan seorang pendidik yang memiliki kemampuan atau skill pada bidang tertentu untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan yang sesuai dengan kompetensi pendidik itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana inplementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kualitas tenaga pendidik di RA Al-Ikhlas Pemetung Basuki OKU Timur. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah : 1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan Kualitas Pendidik di RA Al-Ikhlas Pemetung Basuk, 2) Kualitas Tenaga Pendidik di RA AL-Ikhlas Pemetung Basuki OKU Timur Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat sebab dan akibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan secara utuh dan mendalam sesuai fakta dan sesuai fenomena yang terjadi di masyarakat yang menjadi subyek penelitian sehingga tergambarkan sifat, karakter, model dan cirri dari fenomena tersebut. Hasil penelitian pada penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa Penerapan yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan kualitas tenaga pendidik di RA Al-Ikhlas Pemetung Basuki sudah baik dan sudah terlaksana, kepala sekolah memberikan pengembangan terhadap guru untuk mengembangkan kualitasnya dilembaga pendidikan. 1) Peran sebagai manajer merupakan bentuk peran yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan kualitas tenaga pendidiknya. Selain itu kepala sekolah juga melaksanakan pengembangan didalam kelas dan juga diluar kelas. Bentuk peran sebagai manajer tentunya kepala sekolah memberikan wawasan dengan mendukung tenaga pendidik untuk melanjutkan pendidikannya baik yang belum selesai atau yang sudah selesai dan ingin melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi. Kepala sekolah juga melakukan pengembangan dengan bekerja sama dengan guru-guru untuk selalu melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya, mengadakan kunjungan kelas, rapat rutinan dan juga melaksanakan diskusi berdasarkan individu serta melakukan penilaian. Selain pengembangan didalam sekolah kepala sekolah juga melakukan pengembangan diluar sekolah diantaranya mendukung guru untuk mengikuti kegiatan pelatihan. 2) Sedangkan untuk kompetensi Tenaga Pendidik sudah terlaksana dengan baik meski ada iv beberapa pada kompetensi pedagogic yang belum terlaksana dan juga untuk penggunaan media pembelajaran memang masih sangat kurang. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kualitas Tenaga Pendidik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 May 2022 06:51
Last Modified: 12 May 2022 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19098

Actions (login required)

View Item View Item