PENGARUH KEHADIRAN E-MONEY TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung pengguna Shopeepay)

ADI, NUGROHO (2022) PENGARUH KEHADIRAN E-MONEY TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung pengguna Shopeepay). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AJI NUGROHO FULL .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pada zaman ini teknologi berkembang cepat dan segala inovas semakin meningkatkan evesiensi kebutuhan mamusia, begitu juga pada sektor ekonomi yang dapat memeneuhi kebutuhan seluruh mayarakat di dunia, kebutuhan masyarakat akan kemudahan transaksi keuangan semakin meningkat. Sehingga diperlukan sistem pembayaran yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan transaksi dan juga mudah bagi nasabah perbankan. Penelitian ini bertujian untuk menguji pengaruh kehadiran E�Money terhadap minat beli pada marketplace shopee di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh seringnya terjadi masalah pada sistem yang akan mempengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini juga untuk mengetahui perspektif ekonomi islam terhadap sistem pembayaran online. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2021. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung di gunakan sebagai tempat penelitian. Dan mengambil data dari Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis yang aktif berbelanja online pada marketplace shopee. Penelitian lapangan (flied research) yakni dengan melakukan survey atau terjun langsung ke objek lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah Kehadiran E-Money (Shopeepay) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung. Dari hasil PLS yaitu Result for Inner Weight yang menunjukan nilai Koefesien jalur sebesar 0,636. dengan nilai t statistik adalah 1.96 yaitu sebesar 17.991 > 1.96. Hal tersebut berarti semakin tinggi nilai indikator kehadiran E-money maka semakin meningkat pula minat beli konsumen. Ekonomi islam memandang bahwa setiap muamalah dan transaksi, pada dasarnya boleh, seperti jual beli, sewa menyewa, gadai, kerjasama, perwakilan dan lain – lain, kecuali yang sudah jelas diharamkan seperti mengakibatkna kemudaratan, tipuan, judi dan riba. Kata Kunci: Kehadiran E-Money, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 May 2022 03:09
Last Modified: 12 May 2022 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19087

Actions (login required)

View Item View Item