STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL DEWAN DA’WAH ISLAMIYAH INDONESIA CABANG LAMPUNG

MIRA, SOFIANA (2022) STRATEGI FUNDRAISING LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL DEWAN DA’WAH ISLAMIYAH INDONESIA CABANG LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS MIRA SOFIANA.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MIRA SOFIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana strategi fundraising LAZNAS Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Cabang Lampung. Dimana pendapatan LAZNAS Dewan Da’wah Lampung pada masa pandemi covid-19 menurun. Untuk meningkatkan pendapatan LAZNAS Dewan Da’wah Lampung menggunakan strategi fundraising, yakni cara mengumpulkan dana baik dari individu ataupun kelompok. Bukan hanya itu saja semakin banyaknya lembaga pengelola zakat yang berdiri maka setiap lembaga tentunya mempunyai strategi yang berbeda-beda dalam mengumpulkan dana zakat-nya tak terkecuali LAZNAS Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Cabang Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan analisis. Data primer diperoleh langsung dari Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Dewan Da’wah Lampung, sebagai lembaga yang berwenang untuk mengelola dana (ZIS), sedangkan data sekunder berupa teori-teori tentang strategi, fundraising, LAZNAS dan data penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, jurnal, dan dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mengungkapkan bagaimana Strategi fundraising Lembaga Amil Zakat Dewan Da’wah Cabang Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi fundraising pada LAZNAS Dewan Da’wah Lampung menggunakan metode fundraising secara langsung dan metode fundraising secara tidak langsung, pada masing-masing metode mempunyai teknik yang berbeda. Metode fundraising secara langsung mempunyai teknik diantaranya; face to face (jemput zakat), direct advertising (iklan langsung), telefundraising (fundraising menggunakan telephone), dan presentasi secara langsung. Sedangkan metode fundraising secara tidak langsung mempunyai teknik yakni; kampanye (secara online, media massa dan media luar ruang), event, menjalin relasi dan referensi dan mediasi para tokoh. Namun dari beberapa teknik di atas tidak semua berjalan saat pandemi covid-19. LAZNAS Dewan Da’wah Lampung pada masa pandemi membuat strategi alternatif yang mana menggunakan metode gabungan antara strategi fundraising iii secara langsung dan tidak langsung. Diantara teknik fundraising yang dilakukan yakni; kampanye melalui media sosial (online) dengan berbagai kanal baik whatshapp, instagram, facebook, youtube, maupun website. Selain itu lembaga juga menjalin kerjasama dengan kita bisa com dan amal sholeh. Silaturahmi, collaborative marketing (zis co, zis ambassador, media partner, dan influenser), dan pemanfaatan rekening bank. Kata Kunci : Strategi, Fundraising, LAZNAS iv ABSTRACT This study aims to reveal how the fundraising strategy of LAZNAS Da'wah Islamiyah Indonesia Council Lampung Branch. Where the income of the Lampung Da'wah Council LAZNAS during the COVID�19 pandemic decreased. To increase the income of LAZNAS, the Lampung Da'wah Council uses a fundraising strategy, namely how to collect funds from individuals or groups. Not only that, the more zakat management institutions that have been established, each institution has a different strategy in collecting zakat funds, including the Lampung Branch of the LAZNAS Da'wah Islamiyah Council of Indonesia. This study uses interview and analysis data collection techniques. Primary data was obtained directly from the National Amil Zakat Institution (LAZNAS) of the Lampung Da'wah Council, as the institution authorized to manage funds (ZIS), while secondary data in the form of theories on strategy, fundraising, LAZNAS and other supporting data were obtained from the literature, journals, and documentation. All of these data are materials to reveal how the fundraising strategy of the Amil Zakat Institution of the Da'wah Council of the Lampung Branch is. The results showed that the fundraising strategy at LAZNAS Da'wah Council Lampung used the direct fundraising method and the indirect fundraising method, each method having a different technique. The direct fundraising method has its techniques; face to face (pick up zakat), direct advertising (direct advertising), telefundraising (fundraising using telephone), and direct presentations. Meanwhile, the indirect fundraising method has techniques, namely; campaigns (online, mass media and outdoor media), events, establishing relationships and references and mediating figures. However, not all of the above techniques work during the COVID-19 pandemic. LAZNAS Lampung Da'wah Council during the pandemic made an alternative strategy which used a combined method of direct and indirect fundraising strategies. Among the fundraising techniques carried out are; campaign through social media (online) with various channels, both WhatsApp, Instagram, Facebook, YouTube, and websites. In addition, the institution also v cooperates with us, and we can do good deeds. Gathering, collaborative marketing (zis co, zis ambassador, media partners, and influencers), and the use of bank accounts. Keywords: Strategy, Fundraising, LAZNAS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 May 2022 03:07
Last Modified: 12 May 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19086

Actions (login required)

View Item View Item