NUR, HALIMAH (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PADANG CERMIN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Anak usia dini distimulasi dalam pembelajaran dengan melalui banyak cara, salah satunya yaitu dengan cara pembiasaan. metode pembiasaan berarti cara untuk melakukan suatu tindakan dengan teratur dan telah terpikir secara baik-baik serta dilakukan secara berulang-ulang sehingga menjadi suatu kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Kemandirian bagi anak usia dini adalah kemampuan yang disesuaikan dengan tugas perkembangannya, seperti belajar berjalan, belajar makan, berlatih berbicara, belajar moral dan lain�lain.Dalam pembentukan kemandirian pada anak usia dini terdapat adanya kendala yaitu masih banyaknya anak yang belum mampu mengerjakan kegiatan sehari-hari secara sendiri dan masih dibantu oleh guru, seperti melepas dan memasang sepatu, adanya anak yang tidak meletakkan tas diloker yang telah disediakan serta masih adanya anak yang perlu diperintah oleh gurunyadalam membereskan alat tulis dan mainan.adanya anak yang masih dibantu dalam memakai dan melepas pakaian, adanya anak yang masih diperintah oleh guru nya saat merapihkan alat tulis/mainan, serta adanya anak yang masih dibantu saat memakai dan melepas sepatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembiasaan dalam pembentukan kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Padang Cermin. Metode yang penulis gunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian nya adalah anak kelompok usia 4-5 tahun dengan objek kemandirian anak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini dapat penulis simpulkan bahwa upaya guru dalam membentuk kemandirian anak dengan menerapkan metode pembiasaan yaitu melalui: (1) kegiatan rutin, (2) kegiatan spontan, (3) pemberian keteladanan/contoh. Dengan menggunakan metode pembiasaan tersebut, maka anak akan terbiasa dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti memakai/melepas sepatu tanpa dibantu, meletakkan tas diloker tanpa diperintah dan mampu merapihkan alat tulis/mainan yang telah digunakan. Dilihat dari hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan metode pembiasaan dapat membentuk kemandirian anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Padang Cermin. Kata kunci: Kemandirian Anak, Metode Pembiasaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 11 May 2022 07:02 |
Last Modified: | 11 May 2022 07:02 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19081 |
Actions (login required)
View Item |