IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG

PANCA, LISTIAWATI (2022) IMPLEMENTASI KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENANGANI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVE, BAB 1,BAB 2, DAPUS   Panca Listiawati.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  Panca Listiawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku membolos adalah sebuah perilaku tidak masuk sekolah ataupun meninggalkan sekolah yang dilakukan tanpa sepengetahuan pihak sekolah dan tanpa izin yang jelas, dan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Perilaku membolos pada peserta didik yang terjadi di SMP Wiyatama Bandar Lampung tergolong kasus yang sering terjadi dan perlu penanganan khusus, karena apabila hal ini dibiarkan secara terus menenerus akan mempengaruhi nilai akademik pada peserta didik. Bentuk perilaku membolos yang terjadi pada peserta didik diantaranya yaitu berhari-hari tidak masuk sekolah, sering keluar kelas saat jam pelajaran tertentu, mengajak teman-teman untuk keluar pada mata pelajaran yang tidak disenangi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan konseling individu yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk menangani perilaku membolos pada peserta didik. Dalam hal ini, layanan konseling yang diterapkan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk membantu peserta didik dalam menangani perilaku membolos adalah layanan konseling individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan konseling individu untuk menangani perilaku membolos di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif, teknik pengumpulan data dengan interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penetilian inimenyatakan bahwa pelaksanaan layanan konseling indidu untuk menangani perilaku membolos pada peserta didik di SMP Wiyatama Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik dan terjadi pengurangan perilaku membolos pada peserta didik setelah diberikan layanan konseling individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2022 06:55
Last Modified: 11 May 2022 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19080

Actions (login required)

View Item View Item