PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII A DI SMP N 2 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR

FENTY, ANDARIRATI (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII A DI SMP N 2 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN, BAB I, BAB 2, BAB 5 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS KELAS VIII SMP N 2 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR Oleh Fenty Andarirati Latar belakang masalah berdasarkan nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya penggunaan strategi pembelajaran yang belum berjalan dengan baik, maka peneliti dalam penelitian ini mencoba menerapkan strategi pembelajaran Inquiri dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Secara umum penerapan strategi pembelajaran inquiri bertujuan agar proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas dapat merangsang aktivitas, inivasi, dan kreativitas belajar peserta didik serta dilaksanakannya lebih efektif dan menyenangkan. Sedangkan rumusan masalah “Apakah penerapan strategi Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP N 2 Pekalongan Lampung Timur”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak II siklus, tiap siklus terdiri dari: 1. Perencanaan, 2.pelaksanaan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan nilai pencapaian KKM yang ditandai dengan adanya peningkatan Kreteria Ketuntasan Minimum pada setiap siklusnya. Berdasarkan pada siklus I dan II, diperoleh data rata-rata nilai seperti berikut: dari siklus I nilai rata-rata 72,7 dan pada siklus II nilai rata-rata 83.3. artinya naik 10,6 dari siklus I Kata kunci : Strategi pembelajaran inkuiri, Hasil Belajar, Pai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2022 03:57
Last Modified: 11 May 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19075

Actions (login required)

View Item View Item