PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGRI 2 NATAR TAHUN 2020/2021

AJENG, WAHYU KUSNANDA (2022) PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGRI 2 NATAR TAHUN 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Pelaksanaan Konseling Individu Oleh Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik SMP Negeri 2 Natar Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1).Untuk mengetahui Perencanaan yang Dilakukan Guru Bimbingan, dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 2 Natar. 2). Untuk mengetahui Pelaksanaan Konseling Individu untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. 3).Untuk mengetahui Hasil dari Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Sebagai Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan design penelitian pendekatan studi kasus (Case Study). Studi kasus termasuk dalam penelitian analisis deskriptif, Penelitian deskritif yaitu studi untuk menemukan fakta dengan interprestasi yang tepat. Peneliti dapat melibatkan sebagai kombinasi data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk membuat analisis Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa: 1) Perencanaan pelaksanaan layanan konseling inidvidu yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan motivasi belajar dengan cara memberikan need assement kepada peserta didik berupa kuesioner, kemudian mengolah data kuesioner yang telah diisi oleh peserta didik, kemudian membuat rencana pelaksanaan layanan dengan menyesuaikan data kuesioner yang telah diisi oleh peserta didik 2) proses pelaksanaan layanan konseling inidvidu yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 2 Natar dalam meningkatkan motivasi belajar sudah berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan prosedurnya.3) Hasil pelaksanaan layanan konseling individu dalam meningkatakn motivasi belajar menunjukan perubahan kearah yang lebih positif dengan hasil yang bervariatif namun menunjukan perubahan kearah yang lebih baik dimana sebelum diberikan layanan konsleing individu oleh guru bimbingan dan konseling motivasi belajar peserta didik rendah dan ketika sudah iii diberlakukan layanan konseling individu motivasi belajar peserta didik meningkat Kata Kunci: Konseling Individu, Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi belajar iv ABSTRACT This research is entitled Implementation of Individual Counseling by Guidance and Counseling Teachers in Improving Learning Motivation of Students at SMP Negeri 2 Natar, South Lampung Regency. The aims of this research are, 1). To find out the planning carried out by Guidance and Counseling Teachers in Improving Students' Learning Motivation at SMP Negeri 2 Natar. 2). To find out the Implementation of Individual Counseling to Improve Students' Learning Motivation. 3). To find out the results of the implementation of individual counseling services as guidance and counseling teachers' efforts in increasing learning motivation. This study uses qualitative research methods. The design used in this study is a case study approach. Case studies are included in descriptive analysis research. Descriptive research is a study to find facts with the right interpretation. Researchers can involve a combination of data from observations, interviews, and documentation to make analysis Based on the results of research that has been carried out that: 1) Planning for the implementation of individual counseling services carried out by guidance and counseling teachers to increase learning motivation by providing a need assessment to students in the form of questionnaires, then processing questionnaire data that has been filled in by students, then making service implementation plan by adjusting the questionnaire data that has been filled out by students 2) the process of implementing individual counseling services carried out by guidance and counseling teachers at SMP Negeri 2 Natar in increasing learning motivation has gone very well and in accordance with the procedure. 3) The results of the implementation Individual counseling services in increasing learning motivation showed a change towards a more positive direction with varied results but showed a change for the better where before individual counseling services were provided by the guidance and counseling teacher, self-defense motivation The jar of students is low and when individual counseling services are implemented, the learning motivation of students increases v Keywords: Individual Counseling, Guidance and Counseling Teachers, Learning motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2022 03:29
Last Modified: 11 May 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19074

Actions (login required)

View Item View Item