PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

YOLLA, YULIA ASTUTI YUNINGSIH (2022) PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS YOLLA YULIA ASTUTI YUNINGSIH.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YOLLA YULIA ASTUTI YUNINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra survey di MAN 1 Lampung Timur diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Hal ini dikarenakan beberapa indikator yang belum dikuasi peserta didik, terlihat dari masih banyak peserta didik yang belum mampu menyelesaikan soal dengan benar sesuai tahapan diberikan pendidik, hal lainnya dapat dilihat dari peserta didik yang hanya mengetahui rumus tetapi tidak untuk penerapan konsep, peserta didik masih kurang dalam membaca simbol matematika, tidak menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan serta tidak bisa menuliskan simpulan hasil penyelesaian yang sesuai dengan tujuan dari permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui pengaruh media e-learning berbasis schoology terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis. (2) Mengetahui pengaruh media e-learning berbasis schoology terhadap kemampuan pemahaman konsep. (3) Mengetahui pengaruh media e-learning berbasis schoology terhadap kemampuan komunikasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana jenis eksperimen dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental design). Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Data yang digunakan adalah tes akhir dari kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji One-way Multivariate Analysis of Varians dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini yaitu (1) Terdapat pengaruh media e-learning berbasis schoology terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis. (2) Terdapat pengaruh media e�learning berbasis schoology terhadap kemampuan pemahaman konsep. (3) Terdapat pengaruh media e-learning berbasis schoology terhadap kemampuan komunikasi. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematis, E�Learning Berbasis Schoology

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 May 2022 02:42
Last Modified: 10 May 2022 02:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19066

Actions (login required)

View Item View Item