PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

FELIS, MURNI ROLIS TIANA (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS FELIS MURNI ROLIS TIANA.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FELIS MURNI ROLIS TIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK ABSTRAK Oleh: Felis Murni Rolis Tiana Penelitian dan pengembangan media video pembelajaran dilaksanakan dengan tujuan agar dapat mengetahui (1) Mengetahui kelayakan video pembelajaran berbasis power point terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik (2) respon peserta didik dan pendidik terhadap media video pembelajaran berbasis power point terhadap kemampuan pemahaman konsep (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran berbasis power point terhadap kemampuan pemahaman konsep. Penelitian dan pengembangan ini merupakan riset yang menggunakan model pengembangan dari ADDIE, Riset pengembangan ini adalah tahap dalam mengembangkan sebuah produk yang baru ataupun mengembangkan produk yang ada sudah ada. Pengembangan media video pembelajaran memakai model pengembangan oleh Dick and Carey yang memiliki 5 tahapan atau langkah, yang terdiri dari tahapan analisis, desain, development, implementasi, dan evaluation. Produk ini dibuat menggunakan aplikasi power point yang biasa digunakan oleh para pendidik dalam proses mengajar. Kelebihan aplikasi power point adalah kemudahannya dalam menggunkannya, banyaknya fitur-fitur yang dapat menunjang produk media video pembelajaran semakin menarik dan tampilan yang sederhana pada aplikasi yang membuat proses pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi power point sangat mudah. Produk media video pembelajaran yang dikembangkan di tahap awal pengembangan validasi oleh para pakar media pembelajaran diperoleh persentase sebanyak 75% dan 90% dengan kriteria valid dan sangat valid dan media video pembelajaran layak digunakan. Kemudian hasil validasi dengan pakar ahli atau pakar materi di tahap awal memperoleh persentase sebesar 72,72% dan 83,63% dengan kriteria valid dan valid atau layak untuk dapat digunakan. Pada respon peserta didik skala besar diperoleh persentase 80,04% dengan kriteria efektif iii dan pada respon pendidik diperoleh persentase sebanyak 95% dan 90% dengan kriteria sangat baik dan sangat baik untuk dapat menarik respon para responden. Kemudian pada tahap implementasi peneliti memberikan 10 soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan Pemahaman konsep peserta didik. Hasil dari post-test kemampuan Pemahaman konsep kelas eksperimen dengan rata-rata 85,1 lebih besar dari hasil post-test kemampuan Pemahaman konsep kelas kontrol yaitu itu sebesar 54,8. Hasil tersebut membuktikan bahwa media video pembelajaran berbasis Power Point efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem pernapasan pada manusia dan layak untuk digunakan. Kata kunci: Media video Pembelajaran, Power Point, Kemampuan Pemahaman konsep

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 May 2022 06:35
Last Modified: 09 May 2022 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19061

Actions (login required)

View Item View Item