PEMIKIRAN PROF. DR. H. ABDUL MALIK BIN H. ABDUL KARIM AMRULLAH (BUYA HAMKA) TENTANG PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

ICE, SURYANI (2022) PEMIKIRAN PROF. DR. H. ABDUL MALIK BIN H. ABDUL KARIM AMRULLAH (BUYA HAMKA) TENTANG PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ICE SURYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh berbagai persoalan yang muncul dalam dunia pendidikan akibat terjadinya dekadensinya moral masyarakat yang sebagian besar dilakukan generasi muda yang notabennya masih menyandang predikat peserta didik masih terikat dalam lembaga pendidikan formal. Ketidak seimbangan antara input intelektualitas dan pembentukan karakter menimbulkan sikap dari kalangan masyarakat terhadap kemampuan pendidik sebagai agen pendidikan yang bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan peserta didik baik spiritual, intelektual, moral, maupun kebutuhan fisik peserta didik dengan mengupayakan perkembangan selusruh potensinya yang meliputi potensi afektif, kognitif, dan psikomotorik sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Sikap ini menunjukkan masih rendahnya kesadaran akan pentingnya mengintegrasikan peran orang tua, guru dan masyarakat sebagai pendidik yang masing-masing menempati peran vital dalam pembentukan peserta didik yang paripurna dalam hal intelektual, akhlak dan ketakwaannya kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pemikiran Hamka tentang pendidik dalam pendidikan Islam, 2) Karakteristik pendidik dalam pendidikan Islam menurut Hamka, 3) Relevansi pemikiran Hamka tentang pendidik dalam pendidikan Islam. Berdasarkan data-data yang terkumpul dalam bentuk deskripsi, maka penelitian ini menggunakan pendekatan studi tokoh atau pendekatan sejarah dimana peneliti mengkaji pemikiran seorang tokoh baik itu persoalan-persoalan, situasi, atau kondisi yang mempengaruhi terhadap pemikirannya. Pendekatan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemikiran seorang tokoh yaitu dengan cara meneliti karya-karyanya dan biografinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara pendidik dengan keluarga, sekolah dan masyarakat adalah sangat terkait dalam rangka mengembangkan semua potensi yang dimiliki anak didik menuju perkembangan yang optimal. iii ABSTRACT This research motivated by various problems that arise in the world of education due to the decadence of public morals, which is mostly carried out by the younger generation who in fact still bear the predicate of students who are still bound to informal educational institutions. The imbalance between intellectual input and character formation creates attitudes from the community towards the ability of educators as educational agents who are responsible for meeting the needs of students, both spiritual, intellectual, moral, and physical needs of students by seeking the development of their full potential which includes affective, cognitive potential and psychomotor in accordance with the values of Islamic teachings. This attitude shows the low awareness of the importance of integrating the roles of parents, teachers, and the community as educators, each of which occupies a vital role in the formation of complete students in terms of intellectual, moral, and piety to Allah SWT. Based on the research above, this study aimed to find out 1) Hamka's thoughts about educators in Islamic education, 2) Characteristics of educators in Islamic education, 3) The relevance of Hamka's thoughts about educators in Islamic education. This research used a character study approach or a historical approach where the researcher examines the thoughts of a character, whether it be problems, situations, or conditions that affect his thinking. This approach is to find out the extent of a character's thinking by examining his works and biographies. The results of this study indicated that the relationship between educators and families, schools and communities is closely related in order to develop all the potential of students towards optimal development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:28
Last Modified: 27 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19030

Actions (login required)

View Item View Item