PERAN TWITTER SEBAGAI MEDIA INFORMASI PESAN DAKWAH MAHASISWA KPI UIN RADEN INTAN LAMPUNG (Studi pada Mahasiswa Jurusan komunikasi Penyiaran Islam)

Bery, Adistian (2022) PERAN TWITTER SEBAGAI MEDIA INFORMASI PESAN DAKWAH MAHASISWA KPI UIN RADEN INTAN LAMPUNG (Studi pada Mahasiswa Jurusan komunikasi Penyiaran Islam). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (832kB)
[thumbnail of skripsi Bery  baru.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Twitter adalah layanan jejaring sosial dan microblogging gratis yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan sepanjang 140 karakter. Media baru seperti Twitter sangat penting dalam era baru diplomasi yang sangat menuntut kecerdasan dan dialog untuk mencapai tujuan Twitter. Twitter bukan hanya bermanfaat bagi dunia politik dan sosial, namun juga dapat menjadi sarana dakwah atau menyeru pada kebaikan. Artinya pesan-pesan yang di tampilkan Twitter dapat dibuka oleh orang yang bahkan belum memiliki akun Twitter, selain itu Twitter juga sangat mudah diakses melalui ponsel. skripsi ini mengkaji persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini,Yaitu “Bagaimana peran twitter sebagai media informasi pesan Dakwah bagi mahasiswa KPI UIN Raden Intan Lampung” tujuan dari penelitian ini Peran twitter sebagai media informasi pesan Dakwah bagi mahasiswa KPI UIN Raden Intan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dan mendalam dengan mengangkat data dilapangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif yakni data yang terkumpul, dipilih kemudian ditafsirkan dan diambil kesimpulan. Dengan jumlah Populasi 38 orang, kemudian diambil Sample 13 orang dari mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2017 dengan teknik purposive sampling. Hasil Penelitian Adalah: Bentuk pemanfaatan twitter sebagai media informasi pesan dakwah bagi masing-masing mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dari hasil wawancara dengan mahasiswa KPI, hampir semuanya mengungkapkan bahwa Twitter adalah media yang efektif untuk menyebarkan pesan dakwah karena bisa dipastikan banyak yang menonton dan melihat pesan dan isi dakwah yang disampaikan melalui twitter. Dari hasil wawancara pula dapat diketahui bahwa cara mereka memanfaatkan media twitter sebagai media dakwah adalah dengan menjadikan twitter sebagai wadah/tempat untuk berdakwah dan ada pula yang menjadikan twitter sebagai media untuk mengakses isi pesan dakwah yang disampaikan di media tersebut. Karena dakwah sekarang milenial, mengikuti perkembangan zaman menyesuaikan perkembangan di masyarakat yang berubah sesuai era digital saat ini maka dakwah yang disebarkan melalui media sosial mendapatkan banyak perhatian masyarakat terutama kalangan pemuda, mahasiswa yang merupakan anak milenial cenderung melihat konten dakwah di media sosial khususnya twitter. KataKunci:Twitter,Media Dakwah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:16
Last Modified: 26 Apr 2022 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item View Item