PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus UMKM Di Kabupaten Way Kanan)

TRY, PUTRA WIJAYA (2022) PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus UMKM Di Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS TRY PUTRA WIJAYA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI TRY PUTRA WIJAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penghasilan atas UMKM merupakan salah satu usaha yang dikenakan pajak. Kepatuhan dalam membayar pajak UMKM tergolong masih sangat sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah UMKM yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dan untuk mengetahui pandangan tentang kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Way Kanan dalam perspektif islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode quota sampling dan didapat jumlah sampel sebanyak 50 pelaku UMKM. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini metode wawancara dan kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian membuktikan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik kesadaran wajib pajak tentang hak dan kewajiban perpajakannya, maka akan semakin tinggi tingkat kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannnya. Sanksi perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM maka dapat disimpulkan bahwa semakin tertib wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya maka akan semakin tinggi tingkat kepatuhan perpajakannya. Menurut perspektif islam pajak diperbolehkan dengan dasar kemaslahatan, masyarakat harus memiliki kesadaran dan kepatuhan dalam membayar pajak agar terciptanya kesejahteraan dan dapat menyelenggarakan sistem pemerintahan. Kata kunci : kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:34
Last Modified: 26 Apr 2022 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19012

Actions (login required)

View Item View Item